Diperingati Setiap 17 Ramadan, Begini Arti Penting Nuzulul Quran bagi Umat Islam

Sharing for Empowerment

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya,” firman Allah dalam Surat Al-Alaq ayat 1-5, ayat Alquran yang pertama kali diturunkan.

Surat ini juga menjadi penanda Muhammad diangkat sebagai Nabi dan Rasul.

Setelah tahap pertama ini, Alquran turun secara bertahap selama kurang lebih 23 tahun. Setiap ayat yang diturunkan oleh Allah SWT menyesuaikan dengan keadaan sosial, keagamaan, kisah-kisah para Nabi terdahulu hingga hikmah di masa nabi.

Ayat terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al-Maidah ayat 3. Ayat itu turun sesudah waktu Ashar pada Jumat di Padang Arafah saat musim haji terakhir.

Setelah itu, Nabi Muhammad pergi dari Makkah ke Madinah untuk mengumpulkan para sahabat. Dia memberikan kabar bahwa agama Islam telah sempurna dengan turunnya Al-Quran.

Kata “Nuzulul Quran” berasal dari dua kata, yaitu nuzul dan Al-Quran. Secara harfiah arti kata nuzul adalah menurunkan sesuatu dari tempat tinggi ke rendah. Sementara, kata quran diambil dari Al-Quran yang merupakan kitab suci umat Islam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*