Dear Kartini Milenial, Kenali  Jenis Kebaya yang Sering Dipakai untuk Kartinian Ini

Kebaya Jawa Saat Idul Fitri
Model dengan Kebaya Jawa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bulan April memang identik dengan peringatan hari Kartini. Sejak TK, kita tahu bahwa peringatan hari Kartini atau Kartinian sering dirayakan dengan berdandan mengenakan baju tradisional Indonesia. Salah satu baju yang banyak dipilih oleh kaum Kartini adalah kebaya.

Indonesia dengan beragam suku bangda dan budaya memang memilki anekaragam busana tradisional yang indah-indah, termasuk kebaya ini. Kebaya merupakan busana utama wanita yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.

BACA JUGA:

Awalnya, kebaya digunakan sebagai kain pembebat dan penutup dada perempuan yang digunkaan bersamaan dengan kemben. Pada abad ke-5, kebaya digunakan sebagai pakaian perempuan keratin di Jawa. Namun, model kebaya mengalami perubahan seiring masuknya ajaran Islam di Pulau Jawa.

Bila dahulu kebaya selalu dipakai bersama dengan kain atau sarung, zaman sekarang, kebaya dapat dipadupadankan dengan bawahan apa saja. Inilah jenis kebaya yang kerap dipakai untuk Kartinian. Cekidot, Girls!

Kebaya Kartini

Seperti namanya, kebaya jenis ini merupakan jenis kebaya yang dulunya sering dipakai oleh Kartini dalam kesehariannya. Kebaya ini mempunyai ciri khas pada krahnya, yakni lipatan kerah yang dibuat vertikal hingga mencapai dada. Model ini dinilai bisa membuat pemakainya terlihat lebih ramping.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*