UNITRI Resmikan Sciencetechnopark Saat Kampus Lain Sulit Memilikinya

Universitas Tribhuana Tunggadewi (Unitri) Malang
Universitas Tribhuana Tunggadewi (Unitri) Malang

MALANG, KalderaNews.com – Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang meresmikan Sainstechnopark pada Jumat, 1 Maret 2022, saat kampus lain sulit untuk memilikinya.

Acara peresmian tersebut dihadiri langsung oleh oleh kepala LLDIKTI wilayah VII Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Soeprapto, DE.

UNITRI membangun Sainstechnopark dengan tujuan untuk mendukung proses pembelajaran Perguruan Tinggi dengan mengedepankan inovasi dan penerapan teknologi, pengembangan hilirisasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa di lingkungan kampus UNITRI sendiri.

BACA JUGA:

Kepala LLDIKTI Wilayah VII, Prof. Dr. Ir. Soeprapto, DEA menyampaikan pada sambutannya, bahwa untuk Sainstechnopark perguruan tinggi lain cukup sulit untuk membangunnya, tetapi UNITRI bisa memilikinya.

 “Dengan ringan kaki dan ringan hati meniti menuju lokasi. Saya cukup terperanjat dengan salah satu Perguruan Tinggi yang dapat memiliki Sainstechnopark (STP) karena perguruan tinggi lain sulit memilikinya. Tapi UNITRI bisa memilikinya,” ujarnya.

Sainstechnopark UNITRI menjadi infrastruktur pendukung untuk pengembangan dan alih transfer teknologi dengan ekosistem inovasi yang berbasis pentahelix yakni akademisi, mitra bisnis, masyarakat dan sosio-preneurship.

Kepala Sainstechnopark dan Pengembangan Laboratorium UNITRI, Erwin Ismu Wisnubroto, SP., M.Phill mengatakan, bahwa Sainstechnopark ini dibangun diatas lahan seluas 1 hektar.

“Lima Fokus utama kami di Sainstechnopark yakni pengembangan pertanian berkelanjutan untuk kedaulatan pangan dan pelestarian lingkungan, teknologi tepat guna dan energi terbarukan, pengembangan wirausaha dan UMKM, wawasan kebangsaan serta kesehatan keluarga dan masyarakat,” jelas Erwin Ismu Wisnubroto.

Hadir juga dalam acara peresmian tersebut, Ketua Dewan Pembina Yayasan Bina Patria Nusantara, Prof. Dr. Ir. Bambang Guritno.

Ia mengatakan, bahwa Yayasan Bina Patria Nusantara yang menaungi UNITRI Malang sangat peduli terhadap kualitas pendidikan di UNITRI baik dari Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, maupun kualitas lulusannya.

“Harapannya lulusan UNITRI nantinya bukan menjadi job seeker atau pencari kerja, tetapi menjadi job creater yang dapat membuka lapangan kerja.”

Senada dengan hal tersebut, Rektor UNITRI Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc, mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Bina Patria Nusantara, civitas akademika UNITRI, kepada seluruh pihak yang telah

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti oleh Ketua LLDIKTI Wilayah VII, Ketua Dewan Pembina Yayasan Bina Patria Nusantara dan Rektor, di dampingi oleh Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, Ketua Dewan Pengurus (Prof. Dr. Ir. Wani Hadi Utomo) dan Ketua Sainstechnopark dan Pengembangan Laboratorium UNITRI.

Rombongan juga melakukan peninjauan lahan sciencetechnopark dan melihat bazar produk unggulan UNITRI, serta dilakukan pemotongan tumpeng dan penyerahan cindera mata oleh Rektor kepada Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*