PENABUR Learning Center (PLC) Diresmikan, Siap Cetak SDM Unggul Berkarakter Kristiani




PENABUR Learning Center (PLC)
Penyerahan Kunci dari Antono Yuwono (Ketua BPK PENABUR Jakarta) kepada Donny Gatot Laharjo (Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta) (KalderaNews/Dok PENABUR)

TANGERANG, KalderaNews.com – Sumber Daya Manusia (SDM) di BPK PENABUR berperan penting dalam membentuk generasi berkarakter Kristiani siap menghadapi era disrupsi.

Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan kunci dalam mewujudkan misi BPK PENABUR yaitu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui pendidikan dan pengajaran bermutu berdasarkan nilai-nilai kristiani.

Oleh karenanya, BPK PENABUR memberikan perhatian khusus pada karakter dan kompetensi yang dimiliki karyawannya.

BACA JUGA:

“Menghasilkan SDM Unggul Berkarakter Kristiani, Siap Menghadapi Era Disrupsi” adalah tema dari Kebaktian Syukur dan Peresmian Gedung PENABUR Learning Center (PLC) yang diselenggarakan pada Sabtu, 2 April 2022.

Gedung PLC berlokasi di Jalan Layar Raya RT 003/002, Pakulonan Barat, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Berdiri di lahan seluas ± 2.645m2 dan luas bangunan ± 10.277,91m2, terdiri atas 3 (tiga) gedung yaitu 1 gedung PLC 7 lantai, sementara dua gedung berikutnya masing-masing 8 lantai adalah wisma pria dan wanita.

Hal ini menjadi salah satu bentuk komitmen BPK PENABUR dalam meningkatkan kualitas SDM melalui tempat pelatihan yang baik.

Visi dari PLC adalah pusat pengembangan SDM yang memiliki kompetensi dan karakter berdasarkan iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

“Kedepannya, BPK PENABUR Jakarta yang menjadi bagian dari BPK PENABUR akan mulai mengembangkan fasilitas pendidikan masa depan. PLC menjadi wadah penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, sistematis, dan berkelanjutan bagi tenaga pendidik serta kependidikan guna membangun SDM yang diperlukan dalam era disrupsi,” ungkap Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono,

Salah satunya pelatihan profil PENABURS (Professionalism, Enthusiasm, Nurture, Ability to Learn, Believe in God, Unselfishness, Respect to Others, Satisfaction) untuk mengembangkan karakter Kristiani para pendidik dan tenaga kependidikan. Sehingga baik pendidik maupun tenaga kependidikan bisa menjadi role model dan mendorong dalam menciptakan menyiapkan lulusan BPK PENABUR yang memiliki profil BEST (Be tough, Excel World Wide, Share with Society, Trust in God).

Foto Pengurus Yayasan BPK PENABUR bersama Pengurus BPK PENABUR Jakarta
Para Pengurus Yayasan BPK PENABUR dan Pengurus BPK PENABUR Jakarta (KalderaNews/Dok. PENABUR)

Dengan menerapkan metode pembelajaran kreatif dan inovatif, materi pembelajaran yang menyenangkan, serta berbasis pemanfaatan teknologi digital lewat media Zoom, Podcast, video pelatihan di YouTube dan pemanfaatan aplikasi gamification, dan juga pelatihan hybrid, PLC hadir menjawab tantangan zaman, khususnya bagi pendidik.

Lalu bagaimana dengan kualifikasi para fasilitator PENABUR Learning Center (PLC)? Fasilitator yang terlibat dari internal maupun eksternal BPK PENABUR mulai dari pengurus, pejabat struktural, kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Tidak hanya itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), instansi pemerintah, akademisi, serta para profesional di berbagai bidang ikut ambil bagian dalam memberikan pengetahuan dan keahliannya yang mumpuni di berbagai materi yang ada dalam kurikulum PLC melalui webinar atau talk show.

Kedepannya PENABUR Learning Center (PLC) diharapkan mampu memberikan pelatihan dengan menjangkau pendidik dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia.

“Kami berharap PENABUR Learning Center dapat menjadi pusat belajar bagi para pendidik untuk mengoptimalkan potensi dalam dirinya, menjadi agen perubahan, dan pendidik profesional guna mempersiapkan generasi muda Indonesia dalam menjawab tantangan zaman,” tutur Deputi Direktur BPK PENABUR Jakarta, Etiwati, S.Pd., M.M.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*