Tiga Srikandi TKK PENABUR Jakarta Raih Penghargaan Kemendikbud 2020

KI-KA: Guru TKK 11 PENABUR Chrisanty Samuels, Kepala TKK PENABUR Kota Wisata, Sri Lestari S.Pd., M.M. dan Guru TKK 11 PENABUR, Ari Retnawati S.Pd
KI-KA: Guru TKK 11 PENABUR Chrisanty Samuels, Kepala TKK PENABUR Kota Wisata, Sri Lestari S.Pd., M.M. dan Guru TKK 11 PENABUR, Ari Retnawati S.Pd (KalderaNews/Humas PENABUR)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tiga tenaga pendidik di Sekolah PENABUR Jakarta menorehkan prestasi di tengah pandemi Covid-19. Tiga srikandi inspiratif tersebut adalah Kepala TKK PENABUR Kota Wisata, Sri Lestari, S.Pd., M.M., Guru TKK 11 PENABUR, Ari Retnawati, S.Pd dan TKK 11 PENABUR, Chrisanty Samuels.

Ketiga tenaga pendidik berprestasi ini mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan PAUD dalam kompetisi “Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dalam Rangka Hari Guru Nasional 2020” yang berlangsung pada 30 Oktober-23 November 2020.

Kompetisi yang bertujuan meningkatkan kreativitas dan inovasi pendidik PAUD pada masa pandemi Covid-19 menobatkan 10 peserta terbaik dengan karya inovatifnya.

BACA JUGA:

Kepala TKK PENABUR Kota Wisata, Sri Lestari, S.Pd., M.M berhasil meraih piagam penghargaan sebagai Peserta Terbaik Kategori Kepala TK Inovatif dan Inspiratif pada Masa Pandemi Dalam Rangka Hari Guru Nasional Tahun 2020.

Sri Lestari berhasil meraih penghargaan berkat karya videonya yang berjudul “Mewujudkan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pelaksanaan Fungsi Manajemen dan Kepemimpinan di TKK PENABUR Kota Wisata” yang merupakan uraian dari satu diantara tiga topik yang dipilih berdasarkan petunjuk teknis dari panitia penyelenggara, yakni “Inovatif dan Kreatif Pengelolaan Satuan PAUD dalam Masa Pandemi”.

Bersinergi Menularkan Ide Kreatif

“Di dalam video tersebut saya yang membuat skenario, shooting video, edit video, membuat power point video, serta menyiapkan dokumen pendukung seperti foto dan video. Secara garis besar video tersebut menceritakan tahapan atau proses manajemen yang saya lakukan di TKK PENABUR Kota Wisata di mulai dari persiapan yakni berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, berkoordinasi dengan guru, menganalisa kebutuhan sekolah, dan mempersiapkan kurikulum pada masa pandemi.”

Ia menambahkan proses pelaksanaan yakni melaksanakan program parenting, tiga pendekatan dalam pembelajaran, program entrepreneurship, dan three way conference.

“Terakhir, ada evaluasi dimana saya meninjau kembali program sekolah, kekurangan dan kelebihannya serta cara mengevaluasi program tersebut,” terangnya.

Ia lantas berharap hasil karyanya ini dapat meningkatkan semangat para guru dan kepala TK di masa pandemi agar saling bersinergi dan membantu untuk menularkan ide kreatif kepada sekolah lainnya.

Selain itu, Ia berpesan kepada tenaga pendidik PAUD di Indonesia agar tetap melakukan yang terbaik bagi setiap peserta didik, karena hasilnya pasti akan baik, tetap sehat, dan tetap semangat.

Untuk sistem pembelajaran yang sudah dilakukan selama masa pandemi jangan dilupakan, tetapi tetap dianalisis dan lakukan perbaikan untuk pelaksanaan selanjutnya setelah masa pandemi usai.

Sebenarnya, bukan kali ini saja ia menorehkan prestasi. Pada 2019 lalu,
ia menjadi Juara I Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2019 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (BACA: Sri Lestari S.Pd., M.M: Kepala TK Berprestasi Tingkat Nasional dari PENABUR)

Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Teknologi

Guru TKK 11 PENABUR, Ari Retnawati, S.Pd, peraih penghargaan Peserta Terbaik Kategori Guru KB/TPA Inovatif dan Inspiratif pada Masa Pandemi Dalam Rangka Hari Guru Nasional Tahun 2020, berprestasi melalui hasil karya videonya yang berjudul “Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis IT yang Efektif untuk Anak Kelompok Bermain”.

Ari Retnawati memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Zoom Meeting sebagai media dalam mengajar seperti virtual/video, background, video filter, serta membuat power point yang dapat menarik perhatian anak PAUD dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Saya berharap dengan pencapaian ini karya saya dapat menjadi inspirasi para tenaga pendidik lainnya di dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan kepada anak PAUD dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang ada saat ini.

Ia menandaskan semangat gotong-royong di masa pandemi ini juga perlu dibangun antar tenaga pendidik agar tetap bisa berinovasi di dalam memberikan Pembelajaran Jarak Jauh yang lebih optimal.

Sementara itu, peraih piagam penghargaan sebagai Peserta Terbaik Kategori Guru TK Inovatif dan Inspiratif Pada Masa Pandemi Dalam Rangka Hari Guru Nasional Tahun 2020 lainnya yakni Guru TKK 11 PENABUR, Chrisanty Samuels berhasil memikat hati tim juri melalui dalam karya videonya yang berjudul “Bersahabat dengan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)”.

Melalui video ini ia mengajak para peserta didik berkarya wisata secara virtual ke kebun buah untuk melihat beragam pohon buah.

“Ketika pandemi memasuki Indonesia dan sistem pembelajaran harus berlangsung secara jarak jauh, BPK PENABUR Jakarta langsung memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik tentang penggunaan beberapa aplikasi penunjang pembelajaran secara daring.”

Ia mengaku awalnya merasa seperti dipaksa harus “jatuh cinta” dengan teknologi, namun saat ini ia justru mencintai teknologi.

“Bersama teknologi saya dapat berinovasi dan mengajar dengan metode yang menyenangkan. Jadi, pesan saya kepada para tenaga pendidik lainnya, agar mulai saat ini dan setelah pandemi usai tetaplah bersahabat dengan teknologi,” pungkasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*