Dari Barat  Hingga Timur, Inilah Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Sharing for Empowerment

Banten

Di Bengkulu terdapat tradisi bernapa Ngadongkapkeun. Tradisi ini merupakan tradisi yang dilakukan sebagai ungkapan syukur. Tradisi ini dilakukan pada hari pertama puasa, hari terakhir puasa, dan setelah ziarah kubur.

Yogyakarta

Tradisi Lebaran di Yogyakarta merupakan tradisi Grebeg Syawal. Grebeg Syawal adalah tradisi yang dilakukan pada tanggal 1 Syawal dengan mengarak gunungan yang dibuat dari berbagai hasil bumi, seperti sayuran dan buah-buahan.

Bali

Bali merupakan salah satu pulau yang mayoritas penduduknya beragama Hindu tetapi tetap memiliki tradisi bagi para umat Islam. Tradisi Lebaran di Bali diberi nama Ngejot. Ngejot adalah tradisi berbagi makanan, minuman, hingga buah-buahan kepada tetangga ekitar rumah. Tradisi ini merepresentasikan rasa syukur kepada orang sekitar.

Lombok

Tradisi Lebaran di Lombok bernama Perang Topat. Tradisi ini dilakukan masyarakat Lombok pada enam hari setelah Lebaran. Meskipun namanya perang, tradisi ini bukanlah perselisihan, melainkan melambangkan perang antara umat beragama di Lombok.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*