Dari Barat  Hingga Timur, Inilah Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Tradisi parade beduk di Jalan Tambak Jakarta pada malam kemenangan setelah satu bulan menunaikan ibadah puasa Ramadan biasa digelar untuk menyambut Idul Fitri. Masyarakat dari berbagai wilayah biasanya sengaja datang ke tempat ini untuk menikmati lantunan jajaran beduk yang ditabuh silih berganti tanpa henti
Tradisi parade beduk di Jalan Tambak Jakarta pada malam kemenangan setelah satu bulan menunaikan ibadah puasa Ramadan biasa digelar untuk menyambut Idulfitri. Masyarakat dari berbagai wilayah biasanya sengaja datang ke tempat ini untuk menikmati lantunan jajaran beduk yang ditabuh silih berganti tanpa henti (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Idulfitri selalu berlangsung meriah dari ujung barat Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tidak dapat dilepaskan dari tradisi hari raya .

Tradisi Lebaran  di berbagai daerah Indonesia sangat menarik. Inilah tradisi lebaran dari berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:

Aceh

Tradisi Lebaran di Aceh bernama Meugang atau Makmeugang. Tradisi ini merupakan tradisi menyembelih sapi atau kambing di Aceh. Tradisi Lebaran ini dilakukan sebanyak tiga kali dalam setahun, yakni saat Idulfitri, Iduladha, dan Ramadan

Riau

Lain di Aceh lain lagi di Riau. Tradisi Lebaran di Riau bernama Batobo. Batobo merupakan tradisi yang dilakukan untuk menyambut para perantau yang kembali ke Riau. Tradisi ini menjadi wadah silaturahmi antara perantau dan keluarga di kampung.

Bangka

Di Bangka  ada tradisi yang bernama Badulang yang dilakukan setelah salat Idulfitri. Badulang dilakukan salam-salaman lalu makan bersama di halaman masjid.

Bengkulu

Tradisi yang ada  di Bengkulu saat Lebaran adalah Bakar Gunung Api atau Ronjok Sayak. Royok Sayak merupakan tradisi masyarakat Bengkulu yang dilakukan pada malam takbiran atau malam ke-27 Ramadan. Tradisi ini dilakukan dengan membakar batok kelapa yang ditumpuk ke atas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*