Hari Palang Merah Dunia, 8 Mei, Ternyata Merayakan Ulang Tahun Sang Pendiri, Henry Dunant

Hari Palang Merah Dunia. (Dok.IFRC)
Hari Palang Merah Dunia. (Dok.IFRC)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap tanggal 8 Mei, dunia memperingati Hari Palang Merah Dunia atau Hari Bulan Sabit Merah Sedunia. Tanggal ini dipilih lantaran merupakan hari kelahiran Henry Dunant, 8 Mei 1828.

Dunant merupakan pendiri Komite Internasional Palang Merah (ICRC), lembaga pendiri Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Dunant adalah penerima pertama Hadiah Nobel Perdamaian.

Peringatan pertama Hari Palang Merah Dunia baru digelar 8 Mei 1948.

BACA JUGA:

Saat ini, peringatan Hari Palang Merah Dunia dikoordinasi oleh Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies /IFRC) yang berdiri pada 1919 di Paris, Prancis, setelah Perang Dunia I.

Ada lima anggota pendiri, Inggris, Prancis, Italia, Jepang dan Amerika Serikat. Jumlahnya bertambah dari waktu ke waktu dan sekarang ada 190 Perhimpunan Nasional yang diakui, artinya hampir satu di setiap negara.

Hari Palang Merah Sedunia merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi besar lembaga tersebut dalam membantu orang-orang di dunia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*