8 Mei, Hari Palang Merah Internasional, Begini Sejarah dan Temanya

Ilustrasi: 17 September, Hari Palang Merah Indonesia. (Ist.)
Ilustrasi: 17 September, Hari Palang Merah Indonesia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Internasional sejak 1948. Tanggal ini tak lepas dari sosok Henry Dunant.

Tanggal 8 Mei merupakan tanggal lahir dari Henry Dunant. Tanggal ini lantas disepakati menjadi momen untuk memperingati jaringan gerakan sukarela di seluruh dunia.

BACA JUGA:

Asal Mula Gerakan Palang Merah

Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dimulai pada tahun 1863. Gerakan kemanusiaan ini diinisiasi oleh pengusaha asal Swiss, Henry Dunant.

Gerakan ini muncul akibat kekesalan Henry Dunant melihat penderitaan ribuan orang saat pertempuran Solferino tahun 1859. Banyaknya korban perang yang dibiarkan mati karena kurang perawatan.

Inilah yang kemudian membuat Henry membentuk gerakan bantuan nasional. Lembaga ini terdiri atas sukarelawan yang dilatih di masa damai untuk memberikan pertolongan secara netral dan tidak memihak di masa perang.

Sebuah komite (yang kemudian menjadi Komite Palang Merah Internasional) dibentuk di Jenewa. Piagam pendirian Palang Merah disusun pada 1863.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*