Jarang Diketahui! 29 Mei adalah Hari Lansia Nasional, Begini Sejarah Di Baliknya

Lansia bahagia. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tidak banyak yang tahu bahwa setiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lansia Nasional. Peringatan ini telah ada sejak 25 tahun yang lalu.

Di kancah internasional, peringatan Hari Lanjut Usia Internasional diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Penetapan Hari Lansia Internasional merupakan kelanjutan dari Vienna International Plan of Action on Aging yang diputuskan di Wina pada 1982 dengan resolusi No. 37/1982.

BACA JUGA:

Keputusan tersebut melahirkan kesepakatan untuk mengundang bangsa-bangsa yang belum melaksanakan agar menetapkan hari bagi kelompok lanjut usia. Pada tahun 1996, Soeharto, presiden Republik Indonesia saat itu, meresmikan tanggal 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional.

Tanggal 29 Mei dipilih untuk menghormati jasa Dr. KRT. Radjiman Wediodiningrat yang memimpin siding pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Rajiman memimpin siding pertama BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 saat usianya 66  tahun sekaligus menjadi anggota BPUPKI paling sepuh.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*