Trik Riset Gaji Sesuai Posisi untuk Wawancara Kerja

Gaji Fresh Graduate
Ilustrasi: Gaji Fresh Graduate
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Wawancara kerja merupakan tahap yang penting agar kita diterima oleh sebuah instansi. Wawancara kerja ini membutuhkan strategi agar bisa diterima. Kesiapan mental diperlukan agar tidak grogi menghadapi para HRD. Selain itu, kesiapan materi juga harus diperhatikan.

Kesiapan materi yang harus diperhatikan antara lain adalah terkait posisi jabatan yang akan kita tempati juga materi lain, termasuk gaji yang diharapkan. Kesalahan menjawab pertanyaan mengenai gaji bisa berakibat fatal. Bisa saja kita tidak jadi diterima karena hal tersebut.

BACA JUGA:

Agar tidak salah saat menjawab pertanyaan mengenai gaji, kita perlu riset. Riset gaji gimana caranya? Begini trik riset gaji untuk wawancara kerja yang harus kita tahu.

  1. Cari di kolom pencarian Google dan pilih salary.guide. Bila sudah dapat, carilah file pdf, ya.
  2. Bila sudah mendapatkan file pdf-nya, lanjutkan scroll  sampai kamu menemukan table salary atau gaji. Di sana akan banyak tabel gaji sesuai dengan bidang profesi.
  3. Pilihlah dan sesuaikan posisi yang ingin kamu lamar dan sesuaikan dengan pengalaman yang kamu punya. Tidak cukup di situ, sesuaikan juga dengan UMR daerah di mana perusahaan itu berada. Sekali lagi pastikan kamu melihat bagian experience atau pengalaman.

Inti dari salary guide adalah untuk mengetahui harga atau estimasi gaji dari posisi yang ingin dilamar. Sehingga saat ada pertanyaan dari HRD tentang gaji yang kita inginkan, kita sudah ada gambarang berapa angka dari posisi yang dilamar saat ini.

Semudah itu, kan riset gaji untuk wawancara kerja. Pastikan hal yang terlihat sederhana ini telah kamu lakukan menjelang wawancara kerja, ya. Good luck!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*