Mahasiswa Harus Tahu! Rekomendasi Tempat Mencari Judul Skripsi

Pusing Tugas Akhir dan Skripsi
Pusing Tugas Akhir dan Skripsi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Proses menyusun tugas akhir berupa skripsi dimulai dengan megajukan judul ke dosen pembimbing. Saat pertama bertemu dengan dosen pembimbing, beliau pasti akan menanyakan pada kita judul skripsi yang akan kita teliti.

Bila kita telah menemukan topik yang menarik minat, menentukan judul skripsi ini tentu tidak terlalu sulit. Namun, bila hal ini belum kita temukan, pastilah kita akan menemukan beberapa kendala untuk pengjuan judul tugas akhir ini.

BACA JUGA:

Seringkali kita telah membaca banyak referensi tetapi belum juga menemukan judul yang rasanya pas dengan minat kita. Bisa jadi kita membaca referensi yang kurang tepat. Referensi untuk menemukan judul skripsi diantaranya adalah:

  1. Televisi, surat kabar, atau juga koran online yang memuat berita terkini
  2. Skripsi atau tugas akhir kakak tingkat.
  3. Laporan penelitian dosen.
  4. Prosiding atau kumpulan jurnal penelitian dosen.
  5. Artikel jurnal online terbaru yang meneliti terkait bidang keilmuan jurusan kita.

Namun, membaca referensi ini bukan kita copy paste judul dan dijadikan judul skripsi, ya. Melainkan kamu harus dapat membuak pikiran terkait fenomena dan masalah apa yang bisa diteliti berdasarkan bidang keilmuan jurusan yang sesuai denganmu.

Sebaiknya judul skripsi itu berdasarkan kemampuanmu dan berdasarkan dari fenomena yang baru ditemukan. Jadi jangan mencari judul skripsi langsung di internet. Sebab cara ini bisa membuatmu kesulitan dalam mengerjakan karena tidak menguasai topik tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*