Bercita-cita Jadi Polisi? Ini Lho Jenjang Kepangkatan Mulai dari Tamtama, Bintara Hingga Perwira

Urutan kepangkatan polisi
Urutan kepangkatan polisi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bercita-cita dan berkarier menjadi polisi masih menjadi dambaan pemuda dan pemudi Indonesia. Selain terlihat gagah, mereka yang ingin jadi polisi ini biasanya ingin melayani masyarakat sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang.

Undang-undang No.2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 13 yang berisi Tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah: a. memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; b. menegakkan hukum; dan c. memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Nah buat yang ingin berkariee menjadi polisi maka wajib hukumnya mengetahui jenjang kepangkatannya. Secara historis, tanda kepangkatan Kepolisian Republik Indonesia masa Orde Baru menggunakan jenjang kepangkatan seperti yang dipakai ABRI/TNI – Angkatan Darat.

BACA JUGA:

Namun pasca reformasi, sistem kepangkatan Polri memiliki jenjang dan nama tersendiri. Sejak 1 Januari 2001, Kepolisian Negara Republik Indonesia dipisahkan dari TNI dan menggunakan tanda kepangkatan tersendiri. Perubahan tersebut berdasar pada surat keputusan Kapolri No. Pol: Skep/1259/X/2000, tertanggal 3 Oktober 2000.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*