Riset Harus Dirancang untuk Menyelesaikan Permasalahan Lingkungan dan Sosial

Riset dan Inovasi Covid 19
Riset dan Inovasi Covid 19 (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Plt. Direktur Perumusan Kebijakan Riset Teknologi Inovasi (PKRTI) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dudi Hidayat menegaskan konsep kebijakan inovasi transformatif, sebagai sebuah konsep kebijakan inovasi, sifatnya transformatif dan memiliki ciri utama bersifat inklusif.

Ia melanjutkan kebijakan inovasi saat ini telah berevolusi, menjadi 3 bingkai inovasi. Ketiga hal tersebut, yaitu kebijakan riset dan pengembangan berfokus knowledge generation, banyak diterapkan di negara-negara maju, seperti Amerika Utara dan Eropa.

“Sejak 1990, berubah lagi menjadi Sistem Inovasi Nasional dengan fokus pemanfaatan ilmu pengetahuan. Terakhir, menjadi kebijakan inovasi transformatif yang berfokus pada solving social and environmental challenges,” ucapnya di webinar the Indonesian Science Technology Innovation (STI) Policy Lecture Series, dengan tema Memahami Konsep Iptek dan Inovasi Inklusif untuk Pembangunan Berkelanjutan, Kamis, 15 September 2022.

BACA JUGA:

Dudi manambahkan penelitian dan pengembangan akan berdampak pada inovasi, dan inovasi berdampak kepada pertumbuhan ekonomi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*