Penelitian: Berjalan Kaki Meningkatkan Kreativitas

Berjalan Kaki (KalderaNews.com/Marulam Nainggolan)
Berjalan Kaki (KalderaNews.com/Marulam Nainggolan)
Sharing for Empowerment

KalderaNews.com, Jakarta –  Pernahkah Anda berjalan mondar-mandir untuk menemukan inspirasi setelah mengalami kebuntuan dalam pikiran? Studi membuktikan, berjalan kaki dapat meningkatkan pemikiran kreatif. Begitu kesimpulan yang didapatkan para penliti dari Stanford Graduate School of Education.

Studi ini menemukan bahwa berjalan di dalam atau di luar ruangan sama-sama mendorong proses kreatif. Faktor utamanya bukan pengalaman baru dari lingkungan sekitar, melainkan tindakan berjalan itu sendiri. Tingkat kreativitas secara konsisten dan signifikan lebih tinggi bagi mereka yang berjalan dibandingkan yang duduk.

Untuk mengukur pemikiran kreatif, penelitian ini melibatkan 176 orang dewasa. Mereka diminta mengerjakan tugas-tugas kreatif dalam berbagai kondisi. Ada yang berjalan di dalam ruangan di atas treadmill dan duduk di dalam ruangan menghadap dinding kosong. Ada pula yang berjalan di luar ruangan dan duduk di luar ruangan sambil didorong di kursi roda.

BACA JUGA:

Eksperimen ini mengandalkan tes kreativitas “berpikir divergen”, yaitu proses berpikir ide-ide kreatif untuk mengeksplorasi banyak kemungkinan solusi. Dalam eksperimen ini, peserta harus memikirkan berbagai alternatif untuk objek tertentu, termasuk melakukan analogi kompleks.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*