Inilah Nama-nama yang Diunggulkan Memenangkan Nobel Ekonomi 2022

Sharing for Empowerment

“Mereka akan menjadi pilihan yang tidak biasa tetapi menarik, saya pikir, untuk Komite Nobel karena sejak tahun 60-an mereka telah mengeksplorasi jenis model perilaku ekonomi yang berbeda yang menghargai kerja sama altruistik,” kata Pendlebury.

Dia menambahkan bahwa pasangan itu dapat dilihat sebagai pilihan yang tidak ortodoks karena mereka dicap sebagai “Komunis” di awal karir mereka.

“Mereka tidak benar-benar Komunis. Mereka memiliki perspektif yang berbeda,” tegas Pendlebury.

Ekonom Prancis Olivier Blanchard, mantan Kepala Ekonom di IMF, dan Thomas Piketty yang menjadi terkenal dengan bukunya “Capital in the Twenty-First Century” juga telah ditampilkan dalam diskusi sebagai pemenang dalam beberapa tahun terakhir.

Ada juga trio: Ernst Fehr (Swiss/Austria), Matthew Rabin (AS) dan Colin Camerer (AS) yang juga telah disebutkan di masa lalu, serta spesialis perdagangan internasional Elhanan Helpman (Israel) dan Gene Grossman (AS).

Hadiah Ekonomi, yang didirikan oleh Bank Sentral Swedia, adalah satu-satunya penghargaan yang tidak ada dari lima penghargaan asli yang diciptakan oleh ilmuwan Alfred Nobel, kadang-kadang membuatnya mendapat julukan “Nobel Palsu”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*