Ini Alasan Kenapa Periset Harus Produktif Hasilkan Publikasi Jurnal Ilmiah




Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko
Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menegaskan seorang periset harus produktif dalam menghasilkan publikasi jurnal ilmiah, sebagai bukti utama orisinalitas penelitian yang akan dinilai saat akreditasi lembaga riset. Bukan hanya itu, publikasi ilmiah dapat menjadi modal rekam jejak kompetensi periset sebagai akademisi.

Publikasi ilmiah adalah sebuah tulisan, melalui proses penelitian dan pengkajian data dari para ahli di bidangnya. Hingga akhirnya tulisan tersebut layak untuk terbit di jurnal nasional maupun internasional, sebagai pengembangan ilmu pengetahuan baru.

“Tanpa adanya publikasi ilmiah, ilmu pengetahuan tidak akan berkembang. Terlebih, kita hidup pada zaman riset yang sudah sangat maju dan terus berkembang,” ucapnya saat membuka International Conference 2022 di Jakarta pada Senin, 21 November 2022.

BACA JUGA:

Ia mengatakan International Conference 2022 ini bisa menjadi sarana networking di kalangan para periset dan mereka dapat mempresentasikan hasil penelitiannya.

Menurutnya, publikasi jurnal ilmiah merupakan salah satu syarat kenaikan jabatan fungsional periset, dan syarat kelulusan bagi mahasiswa untuk menyandang gelar akademik.

Seorang dosen, diwajibkan untuk meneliti dan melakukan penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah, sebagai syarat untuk kenaikan pangkat.

Handoko berharap dalam konferensi internasional ini dapat mendiskusikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berbagai negara. Baik secara teoritis maupun terapannya, dalam berbagai bidang.

“Disamping itu, dapat membangun jejaring akademik yang mempertemukan para akademisi di lingkungan BRIN, dengan para akademisi dari berbagai lembaga penelitian dan universitas,” tuturnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*