Kepala BMKG: Puncak Musim Hujan Diperkirakan Saat Natal dan Tahun Baru

Hujan saat Natal. (Ist.)
Hujan saat Natal. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, tepat pada momen Natal dan Tahun Baru diperkirakan terjadi puncak musim hujan.

Hal tersebut didasari perkiraan bahwa kondisi datangnya La Nina yang membawa potensi peningkatan intensitas hujan di wilayah Indonesia.

BACA JUGA:

“Peluang peningkatan intensitas hujan masih terjadi. Dan puncak musim hujan diprediksi mulai Desember hingga Januari, sehingga saat Tahun Baru atau Natal dikhawatirkan di situlah terjadi puncak musim hujan,” kata Dwikorita di Jakarta.

Sejumlah wilayah ini diperkirakan akan mengalami intensitas curah hujan kategori tinggi, mulai 21 hingga 31 Desember 2022.

“Di sebagian Banten, sebagian kecil Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, sebagian kecil Kalimantan Barat dan sebagian Sulawesi Selatan bagian barat,” papar Dwikorita.

Dwikorita mengingatkan bahwa akan adanya potensi hujan ekstrem di wilayah tersebut, karena adanya dampak perubahan iklim global.

“Yang harusnya merata turun 10 hari, itu bisa langsung ‘disetorkan’ hanya dalam beberapa jam. Sehingga itu akan menjadikan hujan ekstrem. Itu lah yang perlu kami waspadai dengan menyiapkan peringatan dini,” kata Dwikorita.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*