Putri Indonesia Banten 2023 Berambisi Majukan Bidang STEM Indonesia

Sharing for Empowerment

Sebelum dirinya melihat langsung reaktor nuklir, Salsa yang juga pernah meraih gelar sebagai Duta Pariwisata Tangerang Selatan 2020 dan Provinsi Banten 2022 ini telah memiliki gambaran mengenai reaktor nuklir.

“Sudah belajar sedikit banyak tentang bentuknya saat belajar di SMA dan kuliah, reaktor berbentuk lingkaran dengan kedalaman tertentu, sedangkan alat dan bahan didalamnya itu sangat kecil dan prosesnya harus diawasi dengan ketat dengan adanya air destilasi dan lain sebagainya,” jelasnya.

Menurutnya hotcell adalah hal yang paling menarik di dalam IRSG tersebut, “Saya jadi tahu dan bisa melihat secara langsung reaktor nuklir bentuknya secara fisik, ada satu part menarik didalamnya yaitu hotcell. “Para peneliti atau researcher di sini bisa langsung memproses bahan yang keluar dari reaktor dengan bantuan tangan-tangan robot sehingga aman dari radiasi, itu yang menurut saya paling menarik dari semuanya,”ungkap Salsa.

Salsa mengatakan semakin banyak generasi muda yang bergerak di bidang teknologi nuklir, dan memberikan edukasi iptek nuklir kepada masyarakat luar, maka semakin banyak juga orang yang tahu bahwa nuklir tidak sekedar senjata, namun masih banyak hal lain yang bisa dikembangkan di reaktor nuklir ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*