Pendiri Intel Gordon Moore Meninggal Dunia

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Salah satu pendiri Intel, Gordon Moore, meninggal pada hari Jumat 24 Maret 2023 waktu Hawaii, di usia 94 tahun.

Moore dikenal sebagai pelopor dalam industri semikonduktor dengan  “Hukum Moore”-nya yang terkenal, meramalkan peningkatan daya komputasi yang stabil selama beberapa dekade.

Intel (INTC) dan yayasan filantropi keluarga Moore, dikutip oleh kantor berita Reuters, mengatakan dia meninggal dikelilingi oleh keluarga di rumahnya di Hawaii.

Intel diluncurkan pada tahun 1968, dimana Moore adalah insinyur yang jadi bagian dari tiga serangkai tokoh teknologi yang akhirnya menempatkan prosesor “Intel Inside” di lebih dari 80% komputer personal dunia.

Dalam sebuah artikel yang ditulisnya pada tahun 1965, Moore mengamati bahwa, berkat peningkatan teknologi, jumlah transistor pada microchip kira-kira dua kali lipat setiap tahun sejak sirkuit terintegrasi ditemukan beberapa tahun sebelumnya.

Prediksinya bahwa tren ini akan terus berlanjut dikenal sebagai “Hukum Moore” dan, yang kemudian diubah menjadi setiap dua tahun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*