Ragu dan Bingung Nulis Jurnal Internasional? Simak 4 Tip Berikut Ini

Ilustrasi baca jurnal dan penelitian ilmiah (KalderaNews/ Ist).
Ilustrasi baca jurnal dan penelitian ilmiah (KalderaNews/ Ist).
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Banyak penulis yang masih ragu dan bingung memilih jurnal internasional yang sesuai  dengan scope dan topik mereka. Kemudian masih ragu apakah makalahnya bisa masuk jurnal internasional kategori indeks Scopus Q1, Q2, Q3, Q4.

Kemudian banyak juga pengalaman-pengalaman semacam desk rejection, yaitu belum sampai masuk ke reviewer, tapi sudah mendapat penolakan oleh editor, serta beberapa kendala bagaimana merespon reviewer karena walaupun mendapat keputusan major maupun minor revision itu tidak ada jaminan bahwa selanjutnya makalah tersebut akan menerima.

Peneliti pada Pusat Riset Fotonik, Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Edi Kurniawan membagikan pengalaman bagaimana cara memilih jurnal internasional, bagaimana melakukan persiapan sebelum submission, dan bagaimana merespon reviewer.

BACA JUGA:

Hal ini ditegaskannya  pada “Pelatihan Tips dan Trik Publikasi Karya Tulis Ilmiah” yang secara hybrid diselenggarakan di Gedung Manajemen 720, KST BJ Habibie, Tangerang Selatan. pada Selasa, 30 Mei 2023. Seperti apa tip yang disarankannya?




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*