Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Kembangkan Penyaring Udara di Perkotaan

Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) yang mengembangkan alat penyaring udara perkotaan. (Dok.UKDW)
Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) yang mengembangkan alat penyaring udara perkotaan. (Dok.UKDW)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta kembangkan alat penyaring udara di perkotaan.

Empat mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) berhasil mengembangkan alat yang dapat menyaring udara di daerah perkotaan bernama ”Intelligent Air Purifier System”.

Inovasi dikembangkan lantaran pencemaran udara menjadi masalah serius di daerah perkotaan.

BACA JUGA:

Empat mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana itu adalah Leo Saputra, Eunike Larasati Zipora Alelang, Zela Poiema Christy Mantohana Napitupulu, dan Henry Yohanes Santoso.

Leo menjelaskan, alat ini dapat digunakan di pembatas jalan untuk menangkap polusi udara secara efektif, mendeteksi jenis gas yang masuk, dan menyaringnya sesuai dengan kebutuhan penyaringan yang diperlukan.

Desainnya dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi jenis gas yang masuk dan menyaringnya sesuai dengan kebutuhan penyaringan yang diperlukan.

“Alat ini juga dilengkapi dengan baterai yang menampung energi dari sinar matahari sebagai sumber energi, sehingga dapat beroperasi kapan saja,” papar Leo.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*