Selamat, Santri Madrasah Aliyah Malhikdua Brebes Juara Runner-Up Debat Bahasa Arab Tingkat Internasional di Qatar

Santri Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Al Hikmah 2 (Malhikdua), Brebes di International School Debating Championship 2023 (ISDC) yang berlangsung di Education City Doha, Qatar pada 2-4 September 2023
Santri Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Al Hikmah 2 (Malhikdua), Brebes di International School Debating Championship 2023 (ISDC) yang berlangsung di Education City Doha, Qatar pada 2-4 September 2023 (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

DOHA, KalderaNews.com – Santri Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Al Hikmah 2 (Malhikdua), Brebes, berhasil meraih posisi runner-up pada International School Debating Championship 2023 (ISDC) yang berlangsung di Education City Doha, Qatar pada 2-4 September 2023.

ISDC 2023 adalah kompetisi debat Bahasa Arab tingkat tertinggi yang diselenggarakan oleh Qatar Debate, bagian dari Qatar Foundation.

Delegasi Malhikdua, setelah lolos dari babak penyisihan daring pada tanggal 6-7 Mei 2023, berangkat ke Doha untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi tersebut. Tim Malhikdua terdiri dari empat siswa dan seorang guru pembimbing.

BACA JUGA:

Pada babak semifinal, Indonesia bersaing dalam kategori penutur Bahasa Asing/Arabic as Foreign Language (AFL) bersama dengan Malaysia, Singapura, dan Kazakhstan. Meskipun dalam kategori ini peserta masih dapat bertemu dengan negara-negara penutur asli Bahasa Arab.

Pada ronde pertama, tim Indonesia berhadapan dengan Tunisia, sebuah negara penutur asli Bahasa Arab, dan kalah dalam debat tersebut. Namun, pada ronde kedua dan ketiga, Indonesia berhasil mengalahkan tim Malaysia dan Singapura, sehingga berhasil melaju ke babak final.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*