Inilah Tokoh Politik yang Dinilai Peduli Peningkatan Kualitas Pendidikan, Siapa Paling Atas?

Capres 2024; Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. (Ist.)
Capres 2024; Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Berdasarkan survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), inilah tokoh politik yang dinilai paling peduli pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Dalam survei tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapat suara 39,1% dari total responden.

Perolehan bakal calon presiden (bacapres) yang diusung PDIP itu mengungguli bacapres lainnya seperti Anies Baswedan yang berada di urutan kedua sebesar 29,3% dan Prabowo Subianto di urutan keempat yang dipilih 24,9% responden.

BACA JUGA:

Sementara, di peringkat ketiga tokoh politik yang dinilai peduli terhadap isu pendidikan diisi oleh mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang memperoleh 25,5% suara dari responden.

Berikutnya, ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang dipilih 19,9% responden.

Lantas, diikuti Menteri BUMN Erick Thohir (18,8%) dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD (15,9%).

Sementara, di peringkat berikutnya ada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar.

Metode survei

Survei ini melibatkan 933 responden yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, dengan proporsi 51,2% responden perempuan dan 48,8% responden laki-laki.

Lebih dari separuh responden berasal dari Pulau Jawa selain Jakarta (62,1%), diikuti responden dari DKI Jakarta (15%) dan Pulau Sumatra (13,3%).

Sedangkan, proporsi responden yang berasal dari Sulawesi, Kalimantan, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 0,2-3,5%.

Sebagian besar responden berasal dari kelompok usia antara 25-34 tahun (36,3%), disusul kelompok 35-44 tahun (28,9%) dan kelompok 45-54 tahun (16,9%).

Data diperoleh pada 22-29 Agustus 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,2% dan tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*