Butuh Aplikasi Olah Data Untuk Penelitian Kuantitatif? Simak Ini!

Ilustrasi mengerjakan penelitian (Kalderanews/Ist)
Ilustrasi mengerjakan penelitian (Kalderanews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com- Menyusun tugas akhir berupa penelitian, baik skripsi maupun tesis, tentu tak lepas dari pengolahan data. Inilah rekomendasi aplikasi olah data penelitian.

Pengolahan data dilakukan pada penelitian kualitatif dan kuantitatif. Namun, dari keduanya ada perbedaan yang mendasar dalam mengolah data.

Untuk penelitian kuantitatif, data statistik yang didapat diolah dengan dengan analisi seperti, nilai rata-ata, regresi, kolerasi antar variabel, dan lain-lain.

Agar mudah, perhitungan tersebut dapat dilakukan dengan bantuan software atau aplikasi olah data.  

BACA JUGA:

So, inilah tiga rekomendasi aplikasi olah data untuk penelitian kuantitatif yang dapat digunakan untuk skripsi, tesis, disertasi, maupun artikel ilmiah.

SPSS untuk data kuantitatif

Ini adalah software pengolahan data statistik untuk penelitian kuantitatif. SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences.

Software ini memiliki tampilan yang user friendly dengan cara pengoperasian yang mudah. Software SPSS digunakan untuk pengolahan dan menganalisis data yang memiliki kemampuan analisis statistic serta sistem manajemen data dengan lingkungan gratis.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*