Bingung Bab 3 Skripsi? Simak Cara Mudah Berikut Ini

Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Ilustrasi: Cara cepat selesaikan skripsi. (KalderaNews.com/repro:y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews –  Kamu sedang mengerjakan skripsi? Bingung mengerjakan bab 3? Nah, begini cara mudah menyusun skripsi bab 3 yang mesti kamu ketahui!

Pembuatan tugas akhir kuliah atau skripsi biasanya berupa menyusun karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi, tesis, dan lain-lain.

Bila telah memulai menulis bab 1 dan 2, selanjutnya mahasiswa akan diperhadapkan pada bab 3.

Bab 3 skripsi berisi tentang metode penelitian yang digunakan dalam riset yang dilakukan.

Nah, begini cara mudah untuk menulis bab 3 skripsi agar terasa mudah dan tidak berat. Cekidot!

BACA JUGA:

Sebelum menyusun tugas akhir, pastikan telah memahami standar atau panduan penulisan yang diterapkan di dalam lingkungan kampus.

Memahami panduan penulisan akan memudahkan kita menyusun skripsi dengan lancar.

Istilah dalam bab 3 skripsi yang harus dipahami

Di dalam bab bagian metodologi penelitian, terdapat beberapa istilah yang harus dipahami.

Jenis penelitian

Jenis penelitian yang ditulis pada bab ini juga memuat pendekatan penelitian dan metode yang digunakan. Misal metode yang dipakai kualitatif, kuantitatif, eksperiman, dan survei.

Sedangkan pendekatan yang dilakukan misalnya apakah action research, studi kasus, pendekatan fenomenologi atau pendekatan lain.

Pada bagian ini kita harus bisa menjelaskan alasan kita menggunakan metode yang dipilih tersebut.

Jenis data

Jenis data yang dijelaskan adalah jenis data primer dan data sekunder. Kedua jenis ini harus tercantum pada metode penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Populasi dan sampel

Penjelasan mengenai populasi dan sampel penelitian harus tercantum dengan sangat jelas pada bagian ketiga ini.

Bila populasi merupakan gambaran keseluruhan wilayah yang terdiri dari subjek dan objek penelitian yang dapat dihitung dan memiliki karakteristik tertentu, sedangkan sampel merupakan bagian dari populasi yang dijadikan sumber data.

Bila kita melakukan penelitian kuantitatif, maka kedua hal ini harus ada dalam penelitian yang dilakukan.

Teknik pengumpulan data

Ada beragam teknik pengumpulan data yang bisa dipakai dalam sebuah penelitian. Ada observasi, wawancara, dokumentasi serta studi literatur untuk penelitian kualitatif.

Namun, bila kita melakukan penelitian kuantitatif maka pengumpulan data bisa dilakukan dengan pengambilan data langsung di lapangan dengan menggunakan instrument yang telah diuji sebelumnya.

Teknik analisis data

Terdapat dua cara analisis data yang bisa dilakukan. Bila penelitian kualitatif dilakukan analisis konten, analisis secara naratif, dan analisis wacana, dan lain-lain.

Sedangkan bila kita mempunyai data kuantitatif, tekniknya bisa menggunakan statistik deskriptif, statistic inferensial atau analisis diskriminan serta teknik lainnya.

Itulah beberapa istilah yang harus ada di bab 3 penelitian yang kita susun.

Dengan memahami panduan penulisan tugas akhir, kita bisa menyusun bab 3 skripsi tersebut dengan mudah. Semangat lulus, ya!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*