Mahasiswa UMBY Ajak Komunitas Difabel untuk Ikut Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint

Sharing for Empowerment

Dari serangkaian proses tersebut dihasilkan berbagai jenis karya antara lain tote bag, kain lembaran, hijab, dan kaos, yang masing-masing memiliki motif unik alami berbentuk dedaunan khas batik ecoprint.

Pelatihan tersebut menghadirkan praktisi dari Batik Nathan Jogja sebagai narasumber.

“Dengan bahan-bahan yang berasal dari alam tersebut, batik ecoprint bersifat lebih ramah lingkungan karena mampu meminimalisir risiko terjadinya kerusakan alam akibat dari limbah yang dibuang,” terang Ari.

Selain membuat batik ecoprint, mahasiswa KKN juga telah menggelar berbagai kegiatan, antara lain pemberian dukungan moril kepada keluarga penyandang difabel.

Pemberian dukungan itu dilakukan melalui kegiatan home visit atau kunjungan keluarga, sosialisasi optimalisasi bank sampah di lingkungan.

Kemudian diikuti pelatihan dan praktik pemasaran produk-produk yang dihasilkan oleh komunitas tersebut melalui sarana marketplace.

“Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat bagi para keluarga difabel, sekaligus memberikan nilai tambah atas program-program yang selama ini telah dilaksanakan oleh Komunitas Difabel Pinilih Sedayu,” pungkasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*