Kurikulum Merdeka Resmi Jadi Kurikulum Nasional, Yuk Kenalan Lebih Jauh!

Kurikulum Merdeka. (Dok,Kemendikbudristek)
Kurikulum Merdeka. (Dok,Kemendikbudristek)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kurikulum Merdeka secara resmi diterapkan sebagai kurikulum nasional Indonesia yang baru pada Rabu, 27 Maret 2024 yang lalu.

Kepala BSKAP Kemendikbudristek Anindio Aditomo menjelaskan bahwa kurikulum ini diperkenalkan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan tanpa memandang kondisi ekonomi siswa dan orang tua, serta tanpa mengabaikan aspek fisik dan mental.

Kurikulum ini juga diharapkan dapat mendukung guru sebagai panduan dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan konteks siswa dan sekolah.

Penasaran ingin kenal lebih jauh dengan kurikulum merdeka? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA

Apa itu Kurikulum Merdeka?

Kurikulum Merdeka adalah sebuah pendekatan kurikulum dalam dunia pendidikan di Indonesia yang diperkenalkan melalui Permendikbudristek No 12 Tahun 2024. Kurikulum ini mencakup jenjang pendidikan dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga pendidikan menengah.

Tujuan dari kurikulum ini adalah memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran dan menekankan pada materi esensial yang dianggap penting untuk mengembangkan kompetensi siswa sebagai pelajar sepanjang hayat, dengan fokus khusus pada pembentukan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*