Ssst… Ini Bocoran Cara Mahasiswa Baru Berburu Beasiswa

Beasiswa 2019
Ilustrasi beasiswa (Foto: quipper)

JAKARTA, KalderaNews.com Tak dipungkiri, biaya kuliah yang tinggi kadang menjadi persoalan bagi semua orang, terutama bagi orangtua. Untuk mereka yang memiliki motivasi tinggi meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tapi tak disokong sumber dana yang memadai, maka beasiswa bisa menjadi solusi. Namun, peminat penerima beasiswa kian tinggi, sehingga persaingan pun makin ketat.

Ada beragam jenis beasiswa. Tapi biasanya bersumber dari 3 institusi, yakni perguruan tinggi, pemerintah, dan swasta. Beasiswa dari universitas pada umumnya hanya untuk mahasiswa universitas tersebut. Beasiswa ini biasanya memiliki persyaratan tertentu yang telah ditetapkan universitas tersebut. Maka, carilah tahu aneka persyaratan itu agar kalian bisa mendapat beasiswa.

Sementara, beasiswa yang diberikan pemerintah pada umumnya bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang tertentu, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ada pula beasiswa yang diberikan pemerintah untuk mereka penyandang disabilitas yang memiliki prestasi atau mereka yang berada di daerah terpencil tapi handal di bidang tertentu. Biasanya informasi beasiswa dari pemerintah ini bisa diakses di kanal-kanal elektronik resmi milik pemerintah.

Saat ini, banyak perusahaan swasta yang juga memberikan aneka beasiswa. Ada yang mensyaratkan nilai akademik, ada pula yang melalui jalur penelusuran minat dan bakat.

So, untuk berburu beasiswa tersebut, simak 3 hal berikut:

Jeli Lihat Peluang
Jika kamu seorang atlet nasional, bahkan internasional yang pernah mengharumkan Merah Putih, tak ada salahnya mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa kepada pemerintah atau perusahaan swasta. Atau kamu memiliki nilai akademik yang tinggi, jangan sungkan untuk mengetuk pintu-pintu saluran beasiswa. Intinya, carilah potensi diri dan jeli melihat peluang yang ada. Jika kamu mengetahui informasi tentang beasiswa dan merasa diri memenuhi persyaratan, jangan ragu-ragu untuk mendaftarkan sebagai penerima beasiswa tersebut.

BACA JUGA:

Penuhi Persyaratan
Setiap beasiswa pasti memiliki persyaratan tertentu yang mesti dipenuhi para calon penerima. Maka, jika menemukan informasi tentang beasiswa, bacalah dengan detail persyaratannya. Jika perlu kunjungi kantor pihak penyalur beasiswa tersebut atau laman resminya. Dan bila, kamu memenuhi persyaratan, segera mendaftarkan diri. Sebab, ada ratusan bahkan ribuan orang yang juga sedang berburu beasiswa.

Maksimalkan Jarimu
Saat ini, ada banyak informasi tentang beasiswa di dunia maya. Maka, cara yang paling mudah adalah dengan memaksimalkan jari-jarimu. Jangan biarkan jari-jarimu hanya menari-menari bermedia sosial atau bengong menatap video streaming. Padahal ada banyak informasi beasiswa berseliweran di sana.

Jadi, tunggu apalagi, bagi kalian calon mahasiswa bergegaslah berburu beasiswa! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*