Tidak Lolos PMDK-PN, Siswa Masih Bisa Ikut UMPN 20 Mei




Gedung Rektorat Politeknik Negeri Jakarta
Gedung Rektorat Politeknik Negeri Jakarta (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 16.666 siswa lulus seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dan diterima di 42 politeknik negeri di seluruh Indonesia. Siswa yang lulus tersebut berasal dari 206.852 siswa yang mendaftar dari 8.421 sekolah asal.

Dengan kelulusan ini maka ada banyak siswa yang gagal masuk Politeknik Negeri melalui jalur PMDK-PN. Ketua Forum Direktur, Rachmad Imbang Tritjahjono pun menyampaikan bahwa peserta yang dinyatakan tidak lolos PMDK-PN dapat masuk ke Politeknik Negeri melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) yang akan dibuka pada tanggal 20 Mei secara serentak di semua politeknik negeri, di luar jalur mandiri yang ditawarkan.

BACA JUGA:

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar mengatakan bahwa Kemenristekdikti siap untuk menggabungkan seleksi masuk perguruan tinggi negeri baik Universitas, Institut dan Politeknik menjadi satu kesatuan.

“Terkait politeknik kementerian juga sudah meluncurkan Multi Entry Multi Exit (MEME) dalam rangka mendukung politeknik menjadi lebih fleksibel, kebijakan baru ini adalah untuk mendorong dan menunjukan bahwa pengalaman industri sangatlah penting,” ucap Ismunandar. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*