Tips Pakai Google Search Agar Maksimal

Ilustrasi: Google Search

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini, Google sudah menjadi kamu berjalan. Apa-apa tanya “Mbah Google”. Bisa jadi, hampir saban hari, kamu menggunakan Google untuk mengetahui atau mencari sesuatu. Tapi ternyata, masih banyak orang yang tak menggunakan pencarian Google secara maksimal. Nah, agar kamu bisa memanfaat kecanggihan Google secara maksimal, ikuti tips berikut:

Pakai tanda kutip (“…”)
Tanda kutip berguna untuk mencari kalimat dengan kata-kata dan urutan yang sama sesuai dengan yang kamu ketik. Contoh kamu hendak mencari kalimat, “Ilmu komunikasi menurut Dedy Mulyana”, maka hasil pencarian yang keluar hanyalah yang berisi kalimat dengan urutan yang sama seperti yang kamu ketik.

Gunakan tanda hubung (-) untuk mengecualikan kata
Pemakaian tanda hubung saat kamu mau mencari tentang suatu hal dan dalam pencarian itu kamu akan mengecualikan suatu kata. Contoh saat kamu akan mencari tentang burung Phoenix, di mana Phoenix merupakan sebuah kota di Arizona. Agar pencarian tidak berisi tentang kota di Arizona itu, kamu bisa mengetik di Google: Phoenix –Arizona.

BACA JUGA:

Gunakan titik dua (:) untuk mencari hanya di situs tertentu
Ada saatnya kamu perlu memakai Google Search untuk mencari artikel atau konten di situs web tertentu. Maka, di sinilah titik dua sangat berguna. Contohnya adalah sebagai berikut: Jika kamu hendak mencari tentang pemain bulu tangkis Indonesia Greysia Polii hanya di wikipedia. Yang kamu ketik di Google Search : Greysia Polii site:wikipedia.org.

Tanda bintang (*) untuk mencari kalimat dengan beberapa kata yang hilang
Saat kamu mendengar sebuah lagu di mal dan ingin mencari lagu apakah itu, selain menggunakan aplikasi, kamu bisa mengetikkan lirik lagu yang kamu dengar ke kolom pencarian Google. Tapi, liriknya tak terdengar jelas? Tak masalah! Ketik saja kata-kata yang kamu dengar, dan berikan tanda bintang untuk setiap kata yang kamu tidak bisa dengar. Misal: Come * right now * me. Hasil pencarian yang akan keluar adalah : Lagu The Beatles yang memiliki lirik Come together, right now, over me.

Cari beberapa topik pencarian sekaligus
Google Search sebenarnya sangat fleksibel. Kamu bisa mencari dua topik bersamaan dalam satu kali pencarian. Contohnya: “Cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara kerja” OR “Cara mempersiapkan wawancara kerja”. Maka, kamu akan mendapatkan artikel dari kedua pencarian tersebut.

Cari hal-hal simpel
Pencarian Google bisa digunakan untuk mencari banyak hal, hingga hal yang paling simple. Contoh: Tempat pizza terdekat. Pencarian Google akan mengambil lokasimu dan memberikan berbagai tempat pizza yang dekat dengan kamu.

Cari situs yang mirip
Google juga bisa digunakan mencari situs yang mirip. Ketikkan “related” di depan situs yang ingin kamu cari. Contoh: related: digitaltrends.com.

Gunakan kata kunci
Jangan mencari di Google Search dengan kalimat seperti ketika kamu sedang berdiskusi dengan teman. Misal kamu menanyakan di mana tempat pizza terdekat dari tempatmu sekarang. Maka, gunakan saja kata kunci (keywords) yang penting untuk mencari. Contoh: tempat Pizza terdekat

Ejaan tidak terlalu penting saat memakai Google Search
Meskipun kamu mengetik ejaan yang salah, mesin pencari Google cukup pintar mengasumsikan makna kata yang kamu ketik. Trik ini berguna ketika kamu mencari dalam bahasa asing yang mungkin ejaannya lupa.

Konversikan apapun dengan mudah
Google juga dapat dengan cepat dan akurat mengkonversi kedua unit pengukuran dan nilai mata uang. Begini contohnya: Ketik di Google: 10.000 won to idr. Maka, kamu akan langsung bisa tahu berapa rupiah 10.000 won itu. Trik ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam konversi seperti mil ke kilometer, dan masih banyak lagi.

Nah, sekarang tak bingung lagi kan menggunakan “Mbah Google”. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*