Indonesia Borong 19 Medali di Kejuaraan Seni Dunia WCOPA 2019 Amerika




Delegasi Indonesia di World Championships of Performing Art (WCOPA) 2019 Amerika Serikat
Delegasi Indonesia di World Championships of Performing Art (WCOPA) 2019 Amerika Serikat (KalderaNews/Ist)

CALIFORNIA, KalderaNews.com – Indonesia menggondol 19 medali di bidang pentas seni: kejuaraan vokal, bernyanyi sambil bermain musik, modeling dalam ‘olimpiade’ seni pertunjukan dunia World Championships of Performing Art (WCOPA) 2019 di Amerika Serikat.

Ratusan penyanyi, penari, aktor, model, instrumentalis, dan berbagai artis terbaik dari 66 negara tampil dan berkompetisi dalam ajang kompetisi dunia WCOPA 2019 ini.

Delegasi Indonesia yang terdiri dari 14 orang diwakili dari Jakarta, Tangerang, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Utara. Delegasi diberi motivasi dan dilepas oleh Bapak Chandra Negara, Direktur Hubungan International Badan Ekonomi Kreatif Indonesia di Gedung Kementrian BUMN.

BACA JUGA:

Tahun ini ada peraih medali perak:

  • Untuk vokal solo pop, RnB/Soul/Jazz dan karya orisinal (lagu Indonesia) diraih peserta termuda Indonesia Izabelle Kiara Kurniawan (kelompok umur 8-10 tahun)
  • Elisakh Hagia di bidang solo vocalRnB/Soul/Jazz dan solo variety yang merupakan katergori vocal yang kreatif dan unik (kelompok umur 11-12 tahun). Elisakh Hagia juga meraih industry award tahun ini dengan memperoleh scholarship dari produser musik pemenang Grammy Award.
  • Nakeisha Athalia Syifa bidang solo open dan vocal RnB/Soul/Jazz dan open all style (kelompok umur 11-12 tahun).
  • Karunia Samuel Tampilang meraih penghargaan di Solo vocal with self accompaniment style pop dan rock (kategori umur 16-17).
  • Exel Yeremia Tampilang di bidang solo vocal pop dan modeling formal dan casual (18-24 tahun).
  • Untuk kelompok vocal self accompanimentduet atau group style Pop diraih oleh The Tamps (Exel Yeremia Tampilang dan Karunia Samuel Tampilang.
  • Untuk Solo vokal gospel 18-24 tahun diraih oleh Hans Van Pakpahan.

Tahun ini cukup istimewa karena untuk pertama kalinya Indonesia mengikuti kategori modeling dan berhasil meraih medali di bidang modeling Formal dan Casual diraih oleh Exel Yeremia Tampilang yang dinilai oleh dewan juri dari LA Model, runway agent No 1 di Amerika (yang menemukan supermodel: salah satunya Tyra Bank) dan pelaku fashion industry dunia. Sebelum berangkat Exel mendapatkan pelatihan kilat dari Role Model Project-KBL oleh Emmy Chaniago dan Santo Sinarjo.

Putra-putri Indonesia secara konsisten unggul di kategori vokal Pop, RNB/Soul/Jazz, Gospel, Open all style, bernyanyi sambil bermain musikm dan sebagai instrumentalist atau bermain musik .

Kategori pop adalah kotegori popular yang hampir semua peserta lomba vokal mengikuti kompetisi ini, demikian juga RnB/soul/ Jazz adalah style yang 3 stylenya digabung banyak diikuti oleh peserta.

“Kita sangat bangga putra-putri Indonesia mampu berprestasi di style yang sangat kompetitif ini. Demikian juga open all style, lintas style dimana semua style ada dalam kategori ini. Untuk kategori vocal self accompaniment bernyanyi sambil bermain musik memiliki tingkat kesulitan ganda karena harus mampu bernyanyi dengan bagus dan mampu memainkan instrumen dengan bagus pula,” tegas Vice Director WCOPA Indonesia Maristela.

“Para juri dan pelaku industri yang dihadirkan di WCOPA pun mengakui kemampuan dan keunikan penampilan dari putra –putri Indonesia. Semoga tahun depan kita akan mempertunjukan lebih banyak lagi keunikan dan kekayaan pentas seni Indonesia seperti karya cipta orisinal, tari folklore, world music, choir maupun seni pentas global seperti broadway , pop, RNB/soul/jazz, pemain musik , tari, acting, stand up komedi dan modeling di pentas dunia.”

BACA JUGA:

Setelah 18 tahun di selengarakan di Hollywood, 5 tahun di Long beach, World Championships of Performing Arts tahun depan akan diselengarakan di DisneyLand, Anneheim Californa , Amerika Serikat.

Dengan acara diselenggarakan di Disneyland tahun depan akan menarik semakin banyak negara dan peserta yang antusias dan berlomba-lamba untuk dapat mengadu kebolehanmereka di bidang performing art.

Audisi delegasi Indonesia untuk mengikuti WCOPA 2020 akan dibuka dibulan Agustus 2019 melalui www.wcopaindonesia.com. WCOPA ke-24 tahun 2020 akan dilaksanakan pada 24 Juli- 2 Agustus 2019 di Disneyland Anaihem, California USA. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*