Siswa SDK PENABUR Jakarta Sabet 2 Emas, 3 Perak dan 2 Perunggu di OSN 2019 Yogyakarta




Peserta didik SDK PENABUR Jakarta yang memperoleh medali di OSN 2019 Yogyakarta
Peserta didik SDK PENABUR Jakarta yang memperoleh medali di OSN 2019 Yogyakarta (KalderaNews/Dok. Pribadi)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 jenjang pendidikan SD dengan tema “Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan” sukses dilaksanakan di Kota Yogyakarta, 30 Juni- 6 Juli 2019.

OSN 2019 jenjang pendidikan SD di Yogyakarta diikuti dari 272 peserta. Dari jumlah itu terdapat 42 peserta atau 15,5 persen berasal dari daerah 3T (terluar, tertinggal, terbelakang).

Berdasarkan wilayah, OSN tingkat SD tahun 2019 diikuti oleh 171 kabupaten dan kota dengan 33 kabupaten berasal dari daerah 3T atau 19,3% dari keseluruhan kabupaten kota yang mengikuti OSN tahun 2019.

BACA JUGA:

Sementara itu, OSN tingkat SD melombakan bidang studi Matematika dan IPA. Peserta OSN Matematika sebanyak 136 anak dan OSN IPA sebanyak 136 anak. Masing-masing bidang studi memperebutkan total 30 medali yang terdiri atas : 5 emas, 10 perak dan 15 perunggu.

Kesuksesan OSN SD 2019 juga dirasakan peserta didik dari SDK PENABUR Jakarta yang menjadi bagian dari kontingan DKI Jakarta. Diberitakan sebelumnya, kontingen DKI Jakarta menggondol medali terbanyak dengan total perolehan 9 medali yang terdiri atas 3 Emas, 5 Perak dan 1 Perunggu.

Pendamping peserta didik dari SDK PENABUR Jakarta, Tinneke Hadiati Suheli, pada KalderaNews menjelaskan kalau peserta didik dari BPK PENABUR Jakarta tak hanya memperkuat kontingen di DKI Jakarta, tetapi juga kontingen Banten karena sejumlah sekolah di bawah Yayasan BPK PENABUR Jakarta berada di wilayah Banten.

Peserta didik SDK PENABUR Jakarta di OSN 2019
Pendamping peserta didik dari SDK PENABUR Jakarta, Tinneke Hadiati Suheli bersama Chrysander Immanuel Ambrose Setiawan dari SDK 6 PENABUR yang meraih emas dan The Best Overall bidang Matematika di OSN SD 2019 Yogyakarta (KalderaNews/Dok. Pribadi)

“Dari Sekolah PENABUR ada 5 anak DKI dan 2 anak Provinsi Banten. Total anak PENABUR yang mengikuti OSN ada 7 peserta,” tegas pendidik di SDK 4 PENABUR Jakarta.

Peserta didik dari PENABUR yang mewakili Banten menyabet 2 medali perunggu di OSN 2019 untuk bidang studi IPA, sementara itu peserta didik dari PENABUR yang memperkuat kontingen DKI Jakarta mendapatkan 1 Medali Emas OSN IPA 2019, 1 Perak OSN IPA 2019, 2 Perak OSN Matematika 2019 dan 1 siswa mendapatkan emas sekaligus The Best Overall.

Adapun dua peserta didik dari SDK PENABUR Jakarta yang menggondol medali emas tersebut adalah:

  1. Chrysander Immanuel Ambrose Setiawan, SDK 6 PENABUR, Bidang Matematika (Emas dan The Best Overall)
  2. Cheerish Natalia Rifel, SDK 2 PENABUR, bidang IPA (Emas).

“Anak-anak belajar dan berjuang dengan maksimal. Soal-soalnya cukup sulit, tetapi ternyata anak-anak cukup tangguh menyelesaikan dengan baik dan maksimal. Dukungan orang tua juga sangat berpengaruh terhadap kemajuan anak-anak,” tegas Tinneka.

“Untuk anak-anak yang sudah sampai di Yogyakarta dan belum mendapatkan mendali, Kalian juga pemenang. Kami bangga atas kerja keras kalian. Jadikan moment ini sebagai pengalaman yang sangat berharga,” pungkasnya. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*