Oh, Heboh Vlog VA dengan ASMR, Bisa Bikin Gembira dan Kurangi Stres Lho




Fenomena ASMR
Ilustrasi: Fenomena ASMR

JAKARTA, KalderaNews.com – Baru-baru ini beredar vlog yang dibuat aktris Vanessa Angel. Dalam video singkat itu, sang aktris mengeluarkan bunyi-bunyian seperti berbisik-bisik, mendesah, makan es krim, dan minum. Vlog itu diberi caption “ASMR”. Vlog itu pun langsung heboh, apalagi yang membuat Vanessa Angel.

Saat ini juga ada ratusan konten video ASMR di YouTube. Kontennya beragam; ada suara mengunyah, daging bakar, bisikan, suara air, hujan, dan yang lain.

Nah, sebenarnya apa itu ASMR?

BACA JUGA:

Seperti dikutip Healthline, ASMR merupakan singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response yang mengacu pada sensasi kesemutan, ketenangan, kepuasan, atau kenyamanan yang dipicu suara atau visual tertentu. Sensasi relaksasi yang disebabkan ASMR dianggap bisa membantu orang mengatasi kesulitan tidur atau insomnia.

Namun, Dokter Andreas Prasadja mengatakan, belum ada penelitian yang baku dalam dunia kedokteran bahwa metode ASMR bisa mengatasi insomnia. “Tak ada di kedokteran tidur soal ASMR untuk menangani insomnia,” tegasnya.

Sementara, spesialis saraf RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Dokter Pukovisa Prawiroharjo mengatakan, fenomena ASMR sebenarnya bukan hal baru. Penelitian tentang suara dan efeknya bagi kehidupan sudah banyak dilakukan. “Jadi, ritmik bunyi atau gelombang suara tertentu bisa membuat otak lebih relaks.”

Tapi, efek ASMR tidak selalu direspon sama, karena pengalaman dan memori setiap orang berbeda. Bahkan, orang yang sama bisa memiliki respon yang berbeda ketika mendengarkan bunyi tersebut dalam waktu dan tempat yang berbeda.

Ada banyak jenis ASMR, bahkan beberapa orang kesulitan menyadari jika mereka sedang mengalami ASMR. Sebuah penelitian Medical News Today sempat meneliti tanggapan emosional seseorang setelah mendengar atau membuat video ASMR. Penelitian itu mengungkapkan bahwa orang yang kerap mendengar atau melihat video ASMR, merasakan kegembiraan dan ketenangan. Tingkat stres dan kesedihan mereka pun cukup rendah dibandingkan orang yang jarang atau tidak pernah mendengar atau melihat video ASMR. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*