“Untukmu Bapak Menteri Pendidikan Yang Baru”; Surat Terbuka dari Guru di Mappi, Papua

Diana Cristiana Da Costa Ati bersama anak-anak di Papua. (Dok. Pribadi)
Diana Cristiana Da Costa Ati bersama anak-anak di Papua. (Dok. Pribadi)
Sharing for Empowerment

MAPPI, KalderaNews.com – Diana Cristiana Da Costa Ati, seorang Guru Penggerak Daerah Terpencil (GPDT) Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, menulis surat terbuka yang ditujukan untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Surat tersebut ditulis Diana lewat akun Facebooknya, pekan lalu. Kini, surat itu menjadi viral. Berikut isi lengkap surat terbuka tersebut:

BACA JUGA:

Tidak pernah terlintas dibenak saya sebagai seorang guru muda, ketika harus menerima SK tugas di kampung sejuta ikan Gastor dan Betik, sebutan kampung di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua. Seperti apa kampung itu? Kampung yang jauh, terbelakang, terisolir, ter, ter semuanya kata mereka…..

Jumat, 16 November, saya ingat betul bertolak dari Distrik Asgon (Asue Gondo) Kabupaten Mappi ke Distrik Kaibusene dengan melewati kali besar menggunakan ketinting, sebutan perahu kecil dengan kapasitas penumpang 7 orang.

Sebelumnya, kami berangkat dari Merauke ke Asgon naik Kapal Kokonao selama 3 hari perjalanan melalui jalur sungai yang berkelok-kelok




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*