Dua Klarifikasi Penting Kemdikbud Terkait KIP Kuliah 2020




Segudang Isu Pendidikan Jadi Bahasan RNPK 2019
Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah menarik masyarakat untuk memiliki, terutama anggota masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Menariknya, belakangan ini muncul di beranda website KIP Kuliah ( http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ ) pada 31 Januari 2020 lalu, tanggal penting jadwal pendaftaran dan penutupan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2020 seperti di bawah ini:

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2020
Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2020 (KalderaNews/Ist)

Sayangnya, website ini down dengan keterangan Server Maintenance. Padahal kalau dilihat jadwal tersebut, sudah saatnya mendaftar.

BACA JUGA:

Terkait hal ini, Staf Pengelola Bantuan dan Beasiswa di Kemdikbud yang tak mau disebutkan namanya menghubungi KalderaNews pada Sabtu, 8 Februari 2020 untuk mengklarifikasi:

Pertama, link kip-kuliah.kemdikbud.go.id tersebut memang benar link resmi dari Kemdikbud, namun konten KIPK (Red.Kartu Indonesia Pintar Kuliah) per tanggal 31 Januari 2020 itu belum lah valid.

“Saat itu sistem baru dami, percobaan dengan penataan konten jadwal KIPK tersebut, link tersebut benar merupakan calon website baru yang disiapkan, namun kebijakan sedang dalam proses penyusunan dan pembahasan, sehingga belum ada launching resmi dari Menteri Dikbud (Red. Pendidikan dan Kebudayaan) dan saat ini sistem dalam maintenance.”

Kedua, selanjutnya, terkait informasi yang beredar bermula dari postingan Permadani Diksi Nasional yang mengklaim info langsung dari Dikti-Kemdikbud seperti pada bukti di bawah ini, Staf Pengelola Bantuan dan Beasiswa di Kemdikbud tersebut juga memberikan klarifikasi.

“Kalau cek data di link siks Kemsos itu memang benar langkah mandiri untuk cek dan mendaftar di Kemsos. Itu benar info dari Kemsos, namun bukan info valid dan resmi dari Kemdikbud. Untuk langkah ini baru skema atau rencana kami. Mohon semua menunggu pedoman dan juknis KIPK 2020.”

Ia menandaskan, “Info resmi tunggu info dari Kemdikbud. KIPK (Red-Kartu Indonesia Pintar Kuliah) akan dilaunching langsung oleh Menteri Pendidikaan dan Kebudayaan. Silakan menunggu Permendikbud tentang KIPK 2020, pedoman pendaftaran, dan juknis KIPK 2020.” (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




1 Comment

  1. Dari informasi di atas,apakah pendaftaran KIP kuliah masih belum bisa,dan apakah ketika sudah mendaftar KIP kuliah tidak perlu lagi mendaftar bidikmisi atau perlu mendaftar bidikmisi kembali,mohon untuk dapat di respon,Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*