Simak 4 Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi: Belanja Online (ist)

JAKARTA, KalderaNews.com –  Pandemi Covid-19 berdampak terhadap seluruh sendi kehidupan, tak terkecuali ekonomi. Tak perlu bicara bisnis dengan skala besar, dalam menghadapi wabah seperti sekarang ini, keuangan pribadi dan keluarga kita juga turut terdampak.

BACA JUGA:

Pengeluaran bisa terus membengkak, lantaran terlalu banyak membeli kebutuhan pokok sehari-hari, beli sarana kebersihan dan kesehatan, dan yang lain.

Nah, agar kita dapat terhindar dari krisis keuangan, yuk cek tips berikut:

Terapkan rumus 40-30-20-10
Ketika gajian tiba, upayakan tidak mengubah cara pengaturan keuangan, dan pakailah rumus 40-30-20-10. Aritnya 40 persen untuk biaya hidup pengeluaran rutin, 30 persen untuk cicilan dan tagihan, 20 persen tabungan dan investasi, dan 10 persen dana darurat.

Kunci utama menerapkan rumus tersebut adalah disiplin dalam mengatur keuangan, serta jangan belanja secara berlebihan.

Perbesar dana darurat
Di masa krisis ini, hal paling penting yang harus dilakukan adalah menambah dana darurat. Keberadaan dana akan sangat penting ketika kita sungguh-sungguh berada dalam situasi darurat.

Nah, lantaran kita banyak yang berada di rumah, maka alokasi anggaran untuk transportasi tentu tidak atau jarang digunakan. Maka, gunakan dana itu untuk menambah dana darurat. Dana darurat ini bisa disimpan dalam bentuk cash atau dimasukkan ke tabungan, yang mudah dalam pencairannya.

Tetap sisihkan untuk tabungan dan investasi
Meskipun krisis tengah melanda, jangan lupa untuk tetap menabung dan investasi. Hal ini amat penting agar masa depan kita. Investasi ini bisa dalam bentuk apapun, misal melakukan investasi saham.

Jangan mudah tergiur promo diskon
Memang tak bisa dipungkiri, godaan untuk jajan saat work from home seperti sekarang ini kian meningkat. Belum lagi, para penjual memanfaatkan momen ini untuk memberikan promo atau tawaran cashback yang menggiurkan

Alhasil, work from home yang seharusnya lebih hemat, malah jadi pemborosan karena sulit menolak tawaran menarik dari aplikasi online. Sebaiknya, cashback atau diskon dipakai untuk belanja produk yang menjadi kebutuhan kita sehari-hari.

So, itulah beberapa tips mengatur keuangan pribadi di saat pandemi Covid-19. Tetap bijak dalam belanja ya, Gaes! (yp)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*