KIP Kuliah Masih Terbuka untuk Mahasiswa Baru Sampai Semester 3, Begini Cara Dapatnya

Kartu-Indonesia-Pintar-KIP-Kuliah
Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah. (Dok. Kalderanews)

JAKARTA, KalderaNews.com – Berdasarkan data LTMPT yang sudah diverifikasi Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sebanyak 25.398 peserta merupakan calon penerima KIP Kuliah (26%).

Adapun total pendaftar SNMPTN yang juga melamar KIP Kuliah sejumlah 95.346 siswa. Para calon mahasiswa ini kemudian perlu ini perlu diverifikasi terlebih dahulu oleh perguruan tinggi masing-masing.

Kemendikbud mengimbau kepada masyarakat agar penggunaan KIP Kuliah tepat guna dan tepat sasaran, yakni bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu.

BACA JUGA:

“KIP Kuliah ditujukan untuk keluarga yang tidak mampu, jadi kalau memang orang tuanya karena kondisi saat ini kemudian kena PHK dan sebagainya, tentu memang mereka juga berhak untuk mengajukan KIP Kuliah,” tegas Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt. Dirjen Dikti) Nizam.

“Perlu kita jaga bersama hak kuliah adik-adik mahasiswa tetap terlindungi. Juga tertib aturan tetap kita laksanakan,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Abdul Kahar seperti dikutip dari situs resmi Kemendikbud menyampaikan bahwa kini dimungkinkan adanya pengajuan KIP Kuliah dari mahasiswa baru maupun sedang menempuh studi (on going), sepanjang persyaratan dapat dipenuhi dan lolos verifikasi perguruan tinggi yang bersangkutan.

“Memang ada kriteria tertentu yang kami sudah antisipasi bahwa dengan adanya penambahan rakyat miskin atau rentan miskin akibat dampak Covid-19 ini,” jelasnya.

Karena itu, mahasiswa hingga semester tiga yang merasa terdampak secara ekonomi karena wabah virus Corona diberi kesempatan mengajukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Karena Corona yang menelan korban dan masih menjadi ancaman serius, mahasiswa yang terancam putus kuliah karena orangtua kehilangan pekerjaan karena terdampak corona.

Caranya, mahasiswa bisa mengajukan pendaftaran KIP Kuliah melalui perguruan tinggi masing-masing dengan menunjukkan bukti-bukti yang terverifikasi semisal surat tanda Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) orang tua dan dokumen-dokumen lainnya. Selanjutnya, perguruan tinggi lah yang mengusulkan ke Kemendikbud.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




5 Comments

  1. Bismillah, saya Herniwati dari mahasiswa UNM yang sebentar lagi ke semester 3. Pertanyaan saya yaitu apakah KIP Kuliah ini, hanya untuk pelajar yang mempunyai KIP waktu SMA AND SMK saja? Karna saya mau mendaftar dikarenakan dari keluarga tidak mampu uang UKT dan biaya kost2an saja itu semua uang pinjaman. Maka dari itu saya ingin mendapat bantuan dari beasiswa KIP KULIAH juga hanya saja tidak memiliki KIP dan ibu saya mendapat PHK dan waktu sekolah sebelum kuliah saya mendapatkan beasiswa tapi bukan dari bantuan KIP melaikan PIP (Program Indonesia Pintar) . apakah bisa ikut dan mendapatkan KIP kuliah tanpa harus memiliki KIP sebelum kulaih?. Terima kasih 🙏

  2. Mohon maaf kak saya inggin sekali daftar kip kuliah karena saya kekurangan uang mohon di lancarkan ya kak

  3. mohon maaf kak saya ingin bertanya kak saya sudah mau semester 3 terus saya dari jalur mandiri sedangkan saya dari SMA belum memiliki katu KIP apakah saya bisa mendaptakan KIP Kuliah

    • Mohon maaf kak saya ingin bertanya.saya sedang hendak masuk ke semester 3.saya kemarin masuk kuliah dari jalur SNMPTN.dari SMA saya sudah memiliki kip.sekarang saya ingin mendaftar kip kuliah .bagaimana ya kak caranya?

  4. Mohon maaf ka saya metlin mahasiswa keperawatan S1 saya tingkat 3 saya mau lanjutin perkuliahan Karena kekurangan biaya orang Tua saya kurang mampu saya harus berhenti kulia apakah bisa mendapatkan kartu KIP

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*