Keren, Tim Indonesia Raih Posisi Kedua di Olimpiade Ekonomi Internasional

Ilustrasi: Prestasi tim Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional 2020. (Ist.)
Ilustrasi: Prestasi tim Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional 2020. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tim Indonesia yang terdiri atas pelajar SMA kembali unjuk gigi meraih prestasi di ajang internasional. Dalam International Economics Olympiad (IEO) ke-3 yang berlangsung secara daring dari Kazakhstan, tim Indonesia meraih gelar juara umum kedua setelah Brasil.

BACA JUGA:

Prestasi ini berkat upaya keras dari lima siswa berprestasi, yakni:

  1. Florentiana Yuwono (SMA Darma Yudha, Pekanbaru) meraih medali emas.
  2. Muhammad Lutfi Maudi (SMA Taruna Nusantara Magelang) meraih medali perak.
  3. Jessica Anabel Tio Prisca (SMA Negeri 8, Jakarta) meraih medali medali perak.
  4. Muhammad Zaky Nur Fajar (SMA Pesantren Unggul Al-Bayan, Sukabumi) meraih medali perak.
  5. Pranindiska Nurlistyo Naistana (SMA Negeri 1, Bumiayu) meraih medali perunggu

IOE 2020 digelar sejak 7-13 September 2020 dan diikuti para siswa SMA dari 29 negara, seperti Amerika Serikat, Cina, India, Iran, Kanada, dan Rusia. Dalam kompetisi ini, Indonesia mengirimkan lima siswa peraih medali dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 bidang ekonomi.

Lima siswa tersebut menjalani kompetisi dari tiga tempat terpisah. Florentiana dan Lutfi menjalani di kota masing-masing. Sementara Zaky, Diska, dan Jessica mengikuti dari Jakarta.

Di samping perolehan medali, Lutfi dan Zaky meraih juara pertama dan juara kedua sub-bidang financial literacy. Tak hanya itu, dalam lomba business case solution, di mana mereka mempresentasikan solusi pemasaran vaksin Covid-19, tim ini kembali meraih medali perak.

Raihan prestasi menunjukkan kemampuan para siswa Indonesia yang terus meningkat. Dalam ajang yang sama, IEO ke-2 di Russia tahun 2019, Indonesia menduduki peringkat keempat. Dan kini, Indonesia menempati peringkat kedua.

Torehan prestasi membuat Kemendikbud mempertimbangkan untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah pada ajang IEO tahun berikutnya. IOC menjadi kompetisi internasional siswa SMA yang melombakan tiga macam sub-bidang, yakni financial literacy dan economics, bersifat perorangan; serta business case solution, bersifat beregu.

IEO digagas HSE University, universitas ternama Rusia. Profesor Eric Maskin (Harvard University), salah seorang pemenang Hadiah Nobel mendukung ajang kompetisi ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*