Lika-liku Adaptasi Samiaji Alief Kayadi Saat Studi di Radboud University

Sharing for Empowerment

Baginya, budaya belajar di Belanda berbeda dengan budaya belajar di Indonesia. Orang Belanda sangat teratur, efektif dan efisien ketika belajar dan bekerja, namun mereka selalu bisa menyempatkan diri untuk bergembira dan istirahat. Ini yang kudu diteladani.

“Dikarenakan bahasa Inggris bukan bahasa ibu kita, perlu usaha lebih untuk mahir dalam penulisan secara akademis. Apalagi, Radboud ini adalah Research University, dimana cara penulisan yang akademis sangat penting. Tidak jarang hasil essay atau exam kurang memuaskan dikarenakan dosen kurang memahami apa yang kita tuliskan,” aku mahasiswa yang sehari-harinya akrab dipanggil Sami atau Sem ini.

Kendati demikian, karena orang Belanda itu pada dasarnya sangat terbuka dengan kritik dan diskusi makanya diskusi dengan dosen secara langsung maupun via email kemungkinan besar akan direspon dengan baik. Apalagi, manakala topik atau teori yang dibahas selalu dikaitkan dengan isu yang berkembang sehingga selalu relevan, dosen pun akan antusias.

Selain kualitas para dosennya, suasana belajar di kelas juga sangat berbeda. Mahasiswa biasanya harus sudah membaca materi sebelum kelas dimulai sehingga ketika di dalam kelas banyak berdiskusi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*