Lika-liku Adaptasi Samiaji Alief Kayadi Saat Studi di Radboud University

Sharing for Empowerment

“Cara berkomunikasi dengan dosen juga lebih fleksible karena mereka terbuka dengan segala kritik dan masukan untuk sebuah topik,” tegas Sem yang kini fokus dengan tema Supporting Lean Transformation with IT untuk penelitiannya.

Ia menjelaskan penelitannya itu akan mencakup ilmu yang diajarkan di Information Science, mengombinasikan ilmu manajemen dengan IT. ()

Orientation Days di Radboud University
Orientation Days di Radboud University (KalderaNews/Radboud University)

Berkisah tentang pengalaman hidup di Belanda, ia menemukan sesuatu yang jauh berbeda dengan apa yang ada di Indonesia. Ada budaya baru dan cara belajar baru yang membuka perspektif. Kendati demikian, ia menemukan tidak semua budaya dan perspektif yang didapatkan di Belanda ini akan cocok bila diterapkan di Indonesia.

“Tapi saya akan mencoba menerapkan ilmu yang saya dapatkan selama pengalaman hidup dan studi saya di Belanda dalam keseharian dan karir saya bila nantinya saya kembali ke Indonesia,” tandasnya.

Ia pun lantas berpesan pada para mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Radboud University bahwa tidak mudah untuk mengikuti budaya dan cara Belajar di Belanda, tapi dengan niat, usaha dan penyesuaian dirinya yakin mahasiswa Indonesia bisa melakukannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*