Housing dan Family Allowance, Masalah Paling Pelik bagi Awardee LPDP

Sharing for Empowerment

Kendati demikian, ia juga tetap mendesak universitas-universitas di Belanda untuk lebih memperhatikan mahasiswa Indonesia.

“Kita mengalirkan rupiah kita ke negara ini. Kita minta perguruan tinggi Belanda memperhatikan kebutuhan mahasiswa kita, contohnya housing, bimbingan supervisor, equal treatment dan perlunya kejelasan biaya studi atau tuition fee. Pokoknya, kepentingan terkait dengan masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa kita di Belanda,” tandas Rio.

Dengan desakan dari Rio pada universitas di Belanda ini diharapkan pihak universitas di Belanda memang bisa memberikan solusi dan keringanan pada mahasiswa Indonesia, terutama pada kebutuhan primer, seperti housing.

Pembenahan Internal

Program beasiswa LPDP memang perlu terus dibenahi secara internal. Misalkan, soal housing bagi para awardee ini. Pihak LPDP juga perlu mencari jalan keluarnya. Mencari housing di kota besar seperti Amsterdam, Groningen, dan kota lainnya amatlah sulit.

Padahal, indekos atau housing adalah kebutuhan primer bagi pelajar Indonesia di Belanda. Karena, jika tidak memiliki housing, pelajar akan terkena masalah, bahkan bisa berbuntut panjang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*