10 Negara Terbaik dalam Pendidikan yang Berorientasi Masa Depan

Suasana sekolah di Finlandia
Suasana sekolah di Finlandia (KalderaNews/Finland.fi)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – World Economic Forum (WEF) merilis hasil pemeringkatan 10 negara terbaik dalam pendidikan yang berorientasi masa depan oleh Worldwide Educating for the Future Index (WEFFI) pada 12 Maret 2019 lalu dengan 3 indikator utama dalam pemeringkatan yakni inisiatif kebijakan, metodologi pengajaran, dan lingkungan sosial ekonomi.

Laporan ini menyebutkan Finlandia, Swiss dan Selandia Baru adalah 3 negara terbaik di dunia sebagai negara penyedia pendidikan yang sangat memperhatikan keterampilan masa depan.

Sementara itu, Mesir, Nigeria, Aljazair, Iran, dan Pakistan masuk ke dalam 5 peringkat paling bawah dan Indonesia berada di posisi ke-43 di bawah China, India dan Kenya.

BACA JUGA:

Uniknya, laporan ini juga menyoroti pentingnya pembelajaran bahasa dan peran AI (kecerdasan buatan) sebagai alat bantu pengajaran di kelas, juga pentingnya pembelajaran keterampilan masa depan di luar kelas.

“Memperbarui kurikulum harus selalu menjadi agenda karena itu sangat penting untuk berinvestasi dalam mengubah perilaku guru dan meningkatkan apa yang terjadi di dalam kelas,” kata Jaime Saavedra dari Bank Dunia seperti dikutip dalam laporan WEFFI.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*