4 Langkah Paling Sehat Cara Buka Puasa Saat Ramadhan

Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI, dr. Eni Gustina, MPH
Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI, dr. Eni Gustina, MPH (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menjaga pola makan saat bulan Ramadhan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah memilih menu makan saat buka puasa justru akan merugikan.

BACA JUGA:

Menurut Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI, dr. Eni Gustina, MPH, buah-buahan manis baik untuk dijadikan menu utama saat berbuka puasa. Lalu seperti apakah tips lengkap yang disarankan Dokter Eni saat kita berbuka puasa?

1. Awali dengan air putih hangat dan buah-buahan segar yang manis (tidak asam).
Awalilah buka puasamu dengan meminum air putih hangat. Setelah itu, makanlah buah-buahan segar yang manis (tidak asam). Secara agama, dianjurkan kurma. Kurma itu mengandung karbohidrat dan energi.

2. Hindari porsi makan yang banyak.

Berbuka langsung dengan porsi makan yang banyak sangat tidak dianjurkan karena sistem pencernaan perlu penyesuaian setelah seharian diistirahatkan (tidak ada makanan).

“Lambung kita kan selama belasan jam kosong nih, jadi kalau diisi jangan langsung banyak. Setelah buka puasa, kita shalat, terawih. Nah, habis terawih itu dilanjutkan makan dengan porsi piring makanku, banyak sayuran seperti biasa,” tuturnya.

3. Jangan takut makan setelah shalat terawih.
Tidak ada larangan untuk makan malam setelah shalat terawih. Para remaja putri tak perlu khawatir akan menjadi gemuk bila makan malam setelah shalat terawih. 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*