4 Tips Sederhana Agar Kamu Tidak Boros Saat Puasa

Menu Takjil Ramadhan
Takjil Ramadhan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bulan Ramadhan adalah bulan untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa hukumnya fardu (diwajibkan) untuk umat Muslim, kecuali ada halangan khusus.

Di bulan suci ini alangkah baiknya kita bijaksana dalam mengelola uang. Kalau tidak, bisa-bisa malah menjadi boros dan dana yang seharusnya dialokasikan untuk Idul Fitri ikut tergerus.

BACA JUGA:

Berikut ini 4 tips sederhana agar kamu tidak boros saat masa puasa:

1. Budgeting Menu

Luangkan lah waktu sejenak untuk membuat daftar pengeluaran menu sahur dan buka puasa secara rinci selama bulan Ramadhan. Ambil waktu khusus untuk merancang alokasi anggaran makanan bergizi, buah-buahan dan makanan suplemen yang diperlukan selama menjalani puasa.

Membuat daftar rinci pengeluaran untuk jangka waktu selama satu bulan penuh memang tidak mudah. Oleh sebab itu, buat dulu anggaran per minggu. Dan biar lebih afdol, sangat dianjurkan untuk menyusun menu harian biar terlihat gambaran alokasi anggarannya makin jelas.

Satu hal yang pasti, pengeluaran belanja menu harian diusahakan jangan terlalu tinggi dibandingkan dengan pengeluaran dari hari-hari biasa, meski tak bisa dipungkiri ada kenaikan harga untuk sejumlah kebutuhan pokok.

2. Konsisten dengan Budgeting




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*