Simak, Inilah Perbedaan TOEFL dan IELTS

Ilustrasi: perbedaan Toefl dan IELTS
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah kamu jago berbahasa Inggris? Nah, mungkin kamu sering mendengar dua metode tes bahasa Inggris, yaitu TOEFL (Test of English as Foreign Language) dan IELTS (International English Language Testing System). Apakah sih bedanya? Simak penjelasan singkat berikut ini.

Dalam tes TOEFL yang digunakan bahasa Inggris Amerika atau dikenal sebagai American English. Sementara IELTS menggunakan bahasa Inggris Britania Raya alias British English.

TOEFL terbagi ke dalam dua tipe, yaitu TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL iBT (internet Based Test). TOEFL ITP biasanya dipergunakan di wilayah Asia. Skor dari TOEFL ITP bersifat institusional yang hanya dapat digunakan untuk institusi dan wilayah lokal khusus atau hasilnya tidak berlaku di seluruh dunia. Sedangkan TOEFL iBT akan merekam seluruh jawaban peserta tes dan langsung mengirimnya ke ETS (Educational Testing System) di Amerika, sebagai penyelenggara TOEFL.

BACA JUGA:

Sementara, saat mengerjakan IELTS, peserta dihadapkan dengan dua pilihan modul. Modul akademik untuk peserta yang ingin mendaftar di universitas atau sekolah tinggi, dan modul pelatihan umum untuk pelatihan non akademik, mencari pengalaman kerja, atau kebutuhan imigrasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*