Simak, Inilah Perbedaan TOEFL dan IELTS

Sharing for Empowerment

Saat mengerjakan TOEFL ITP, peserta harus menyelesaikan serangkaian ujian yang terdiri dari tiga sesi, yaitu listening, structure and written, expression, dan reading comprehension. Berbeda dengan TOEFL ITP, rangkaian ujian TOEFL iBT terdiri dari empat sesi, yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Biasanya untuk mengerjakan tes ini membutuhkan waktu sekitar empat jam. Seluruh soal dalam TOEFL adalah pilihan ganda.

Nah, dalam IELTS, ada empat bagian dalam tes, yaitu speaking, writing, listening, dan reading. Dalam IELTS, semua jawaban ditulis tangan. Bahkan, bagian tes speaking, peserta akan berbicara langsung dengan penguji dalam waktu 12-14 menit. Waktu pengerjaan tes biasanya sekitar tiga jam.

Dalam TOEFL, setelah peserta menyelesaikan seluruh sesi, penilaian diberikan berupa skor. Dalam TOEFL ITP, nilai berkisar antara 0 hingga 677, sementara TOEFL iBT berkisar 0 hingga 120.

Berbeda dengan TOEFL, dalam IELTS, setiap bagian akan dinilai dalam kisaran skor 0 hingga 9. Lalu, dari keempat bagian dalam tes, akan dicari rata-rata dalam kisaran skor yang sama, yakni 0 hingga 9.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*