Inilah 6 Tips Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Mendaftarkan diri
Selepas semua dokumen persyaratan terpenuhi, seperti hasil tes kemampuan bahasa dan akademis, ijasah yang telah diterjemahkan, statement of purpose atau esai singkat berisi niatmu berkuliah, serta dokumen lain lengkap, daftarkan diri kamu di universitas yang dituju. Perhatian pula periode pendaftaran dan aturan-aturannya. Maka, kamu mesti mencari informasi sedetail mungkin ya!

Tunggu Letter of Acceptance (LOA) dan Confirmation of Enrolment atau Acceptance of Studies
Setelah mendaftarkan diri, kamu tinggal menanti Letter of Acceptance (LOA), yakni surat penawaran dari universitas yang berisi rincian biaya, program yang mau diambil, serta periode studi. Tanda tangani LOA jika kamu setuju dengan ketentuan yang berlaku. Selepas itu, kamu harus menyiapkan biaya pendidikan sekaligus asuransi kesehatan serta biaya akomodasi. Nah, setelah semua dibayar, kamu akan mendapatkan Confirmation of Enrolment atau Acceptance of Studies yang menyatakan kamu sudah diterima.

Siapkan akomodasi
Kalau kamu memilih untuk tinggal di apartemen yang disediakan kampus tujuan, maka kamu harus segera mengurus visa. Namun jika tidak, kamu mesti mencari tempat untuk tinggal selama kuliah di negara tujuan. Selain itu, kamu juga mesti mulai mempelajari moda transportasi, makanan, serta budaya di negara tujuan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*