Bagi Mahasiswa, Inilah Cara Cerdas Menghemat Uang Bulanan

Sharing for Empowerment

Selain kerja paruh waktu, kamu juga bisa menjajal bisnis kecil-kecilan secar online, sehingga tak terlalu menyita waktu kuliah kamu. Selain belajar berwirausaha, dengan berbisnis, kamu akan belajar mengelola keuangan dengan baik.

Cerdas Cari Bahan Kuliah
Untuk mendapatkan buku-buku bahan kuliah, kamu bisa meminjam dari kakak kelas atau di perpustakaan. Nah, jika ada versi ebook, lebih baik download saja. Jika harus membeli, sebaiknya beli yang bekas, toh yang penting ilmu di dalamnya.

Cerdas Cari Kos-kosan
Carilah kos-kosan yang dekat dengan kampus, sehingga jamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi. Meskipun mungkin akan lebih mahal sedikit, namun kos-kosan yang dekat dengan kampus akan lebih menghemat uang bulanan kamu. Selain itu, untuk menghemat uang bulanan, kamu mesti hidup secara mandiri, missal mencuci baju sendiri atau jika bisa masak lebih baik memasak sendiri daripada beli di warung.

Cerdas Berkegiatan
Carilah komunitas atau kegiatan yang menunjang kuliah atau bakat dan minat kamu. Daripada jalan-jalan atau nongkrong tak jelas, lebih baik mengisi waktu luang dengan berkegiatan yang bermanfaat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*