Bagi Mahasiswa, Inilah Cara Cerdas Menghemat Uang Bulanan

Ilustrasi: cara hemat mahasiswa
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Uang bulanan yang pas-pasan, tak mesti membuat mahasiswa hidup menderita. Ada lho cara cerdas agar kamu bisa menghemat uang bulanan. Nah, berikut tipsnya:

Cerdas Merencanakan
Tapah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat perencanaan pengeluaran selama satu bulan ke depan. Buatlah catatan dengan detail tentang pengeluaran kamu. Pisahkan uang yang telah kamu alokasikan untuk pengeluaran di rekening yang berbeda.

Cerdas Cari Beasiswa
Aktiflah mencari beasiswa. Banyak sekali sumber beasiswa yang bisa kamu dapatkan, entah di kampus ataupun di luar kampus. Nah, biasanya syarat utama beasiswa adalah prestasi akademik. Maka, kejarlah prestasi akademik kamu dengan belajar sungguh-sungguh.

BACA JUGA:

Cerdas Cari Sampingan
Banyak pekerjaan parah waktu yang membuka lowongan bagi mahasiswa. Dengan kerja paruh waktu, kamu bisa mengatur jadwal kuliah dengan kerja. Tapi, jangan sampai bentrokan, apalagi mengabaikan kuliah kamu. Karena yang utama adalah kuliah. Atau jika ada peluang menjadi asisten dosen sebaiknya diambil, karena kamu akan terus terpacu untuk belajar. Dengan kerja paruh waktu, selain mendapatkan upah untuk menambah pendapatan, kamu juga mendapatkan pengalaman kerja yang pasti akan bermanfaat kelak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*